Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

6 Makanan Berprotein Tinggi untuk Menjaga Keseimbangan Nutrisi

6

Dalam menjaga keseimbangan nutrisi dan memenuhi kebutuhan protein tubuh, penting untuk memilih makanan berprotein tinggi. Protein memiliki peran vital dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kesehatan otot, serta membantu proses pemulihan setelah aktivitas fisik.

Pembahasan ini akan mengulas makanan yang kaya akan protein. Yang tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan manfaat nutrisi yang penting bagi tubuh. Dengan menambahkan makanan-makanan ini ke dalam pola makan, kamu akan mendapatkan asupan protein yang cukup untuk menjaga keseimbangan nutrisi.

Apa saja makanan berprotein tinggi yang bisa kamu konsumsi? Langsung saja cek di bawah ini, ya!

1. Daging

Makanan berprotein tinggi yang pertama adalah daging, yang merupakan salah satu sumber protein hewani yang kaya nutrisi. Dalam daging terdapat berbagai jenis protein yang penting untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh. Selain itu, daging juga mengandung zat besi, vitamin B12, zinc, dan selenium yang penting untuk kesehatan tubuh.

Daging merah umumnya mengandung protein tinggi dan lemak jenuh, seperti daging sapi dan domba. Sedangkan daging putih, seperti daging ayam dan kalkun, memiliki kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak. Pilihan daging yang rendah lemak dapat membantu kamu dalam menjaga keseimbangan nutrisi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Telur

Telur adalah salah satu makanan berprotein tinggi yang sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai resep. Telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, membuatnya menjadi sumber protein yang lengkap. Satu butir telur berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram protein.

Selain protein, telur juga mengandung lemak sehat, vitamin D, vitamin B12, selenium, dan zat besi. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B12 diperlukan untuk fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Zat besi dan selenium berperan dalam pembentukan sel darah merah dan perlindungan sel tubuh dari kerusakan.

3. Tahu dan tempe

Makanan berprotein tinggi selanjutnya adalah tahu dan tempe, dua jenis makanan yang populer di Indonesia dan beberapa negara Asia. Keduanya merupakan sumber protein nabati yang baik dan sering digunakan sebagai alternatif bagi mereka yang menjalani diet vegetarian atau vegan.

Tahu terbuat dari susu kedelai yang dipadatkan dan memiliki tekstur lembut dan netral dalam rasa, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai masakan. Makanan satu ini kaya akan protein, zat besi, kalsium, dan serat. Tahu juga rendah kalori dan lemak jenuh, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan dan kesehatan jantung.

Sedangkan tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi, sehingga memberikan tempe tekstur yang lebih padat dan rasa yang khas. Tempe juga kaya akan protein, serat, vitamin B, dan mineral seperti zat besi dan kalsium. Selain itu, tempe juga mengandung probiotik alami, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan berprotein tinggi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Ikan mengandung protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna oleh tubuh. Protein dalam ikan mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Salah satu olahan ikan yang kaya protein dan banyak digemari adalah sarden. Sarden mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, protein, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Tak sedikit orang yang memilih makanan satu ini karena penyajiannya yang mudah dan dapat diolah menjadi berbagai kreasi makanan.

Kalau kamu ingin menyantap olahan ikan yang enak dan tidak ribet, MamaSuka Sarden dapat menjadi pilihan yang tepat. MamaSuka Sarden hadir dengan 3 varian rasa, yaitu Saus Gochujang, Saus Jalapeno, dan Saus Tomat. Kamu pun bisa memilih varian mana yang ingin disantap, dan pasti rasanya lezat.

5. Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan, yang merupakan kelompok makanan yang terdiri dari berbagai jenis kacang yang tumbuh di dalam polong. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang kaya, serta mengandung serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Beberapa jenis kacang-kacangan kaya protein adalah kacang almond, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang mete, dan kacang walnut

Mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur gula darah, menjaga berat badan, dan meningkatkan fungsi otak. 

6. Nugget

Bukan saja daging, olahannya pun merupakan makanan berprotein tinggi yang bisa menjadi pilihan menu sehat kamu. Salah satunya adalah nugget, makanan yang populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Selain memiliki cita rasa yang lezat, nugget juga merupakan sumber protein yang baik. 

Selain protein, nugget juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin B, zat besi, dan zinc. Agar nugget tetap sehat, disarankan untuk memilih produk yang terbuat dari bahan-bahan segar dan berkualitas. 

Salah satu pilihan nugget yang sehat dan lezat untuk santapan adalah MamaSuka Chicken Nugget. Produk nugget satu ini hadir dengan dua varian, yaitu MamaSuka Chicken Nugget Ayam Premium dan Original. Supaya kebutuhan nutrisi lebih terpenuhi, kamu dapat mengkreasikan nugget dengan sayuran atau asupan sehat lainnya. 

Itulah beberapa makanan berprotein tinggi yang dapat kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Pastikan untuk memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kamu dengan menyantap makanan bergizi. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk-produk terbaik MamaSuka yang sehat dan pastinya lezat, ya!

Daesang Care