Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Cara Memasak Cumi-cumi Agar Tidak Alot dan Amis

Cara

Cumi-cumi merupakan bahan makanan yang sedang populer belakangan. Apa lagi bahan makanan ini bisa diolah menjadi apa saja. Sayangnya ada satu masalah yang kerap mengganggu, yaitu baunya yang amis dan teksturnya yang alot. Ini tidak lain karena cara memasaknya yang salah.

Nah, bila kamu sering mengalami hal ini, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut.

Rendam dengan Jahe dan Perasan Jeruk Nipis

Untuk bisa menghilangkan bau amis yang ada pada cumi-cumi, kamu bisa merendam cumi-cumi dengan perasan jeruk nipis dan parutan jahe. Lumuri cumi-cumi dengan dua bahan ini kemudian diamkan selama 30 menit. Baru setelah itu dicuci bersih. Bila kamu tidak ada jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan asam Jawa.

Pastikan Cuci dengan Benar

Mencuci cumi-cumi dengan benar adalah hal yang wajib diperhatikan. Ini penting untuk menghilangkan bau amis pada seafood ini.

Untuk membersihkannya, kamu wajib ambil kantong tinta pada bagian dalam kemudian bersihkanlah secara hati-hati. Setelah itu, ambil tulang bagian dalam cumi-cumi. Kupas bagian kulit ari dengan pisau agar tampilannya bersih. Bila sudah, cuci cumi-cumi dengan air mengalir.

Rendam di Dalam Susu Tawar dan Perasan Air Jeruk Nipis

Selain menggunakan jeruk nipis dan jahe, kamu juga bisa menggunakan susu tawar yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Rendam cumi-cumi dalam dua bahan ini selama 30 menit kemudian bilas dengan air mengalir.

Selain berfungsi untuk menghilangkan bau amis, bahan ini juga bisa menghilangkan tekstur alot pada cumi-cumi. Meski demikian, pastikan kamu tidak merendam cumi-cumi terlalu lama karena akan membuat aromanya jadi hilang sehingga menghilangkan kelezatannya.

Perhatikan Durasi Memasak

Cumi-cumi yang alot kerap menjadi masalah. Makanya wajib sekali bagi kamu untuk memperhatikan durasi memasak cumi-cumi karena hal ini akan mempengaruhi teksturnya. Yang perlu diingat, pastikan memasak cumi-cumi dengan suhu tinggi-cepat atau rendah-lambat. Jika memasak dengan suhu sedang, biasanya tekstur cumi jadi alot.

Untuk durasi memasaknya pun cumi-cumi membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit. Bila lebih dari ini, dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk bisa empuk lagi.

Perhatikan Ukuran Cumi-cumi

Bila kamu ingin memasak cumi-cumi dengan metode slow cooking, kamu bisa memotongnya jadi kecil-kecil sekitar 12 sentimeter. Berat cumi-cumi sekitar 285 gram biasanya merupakan berat yang ideal untuk dimasak dan cepat empuk.

Rebus Selama 1 Menit

Bila kamu ingin menggunakan teknik marinasi, lakukan dengan metode blanching. Kamu bisa merebus cumi-cumi bersih ke dalam panci berisi air mendidih selama 1 menit saja.

Bila sudah, angkat kemudian masukkan air es supaya proses masak berhenti. Kemudian, kamu bisa melakukan marinasi dengan bumbu favorit kamu.

Apa bila kamu ingin membuat masakan berkuah, kamu bisa memasukkan cumi-cumi saat masakan akan diangkat (beberapa menit sebelum diangkat), baru kemudian disajikan.

Bakar Cumi-cumi 2-3 Menit

Membakar cumi-cumi adalah teknik memasak paling simple. Caranya sangat mudah! Kamu tinggal membersihkan cumi-cumi dan biarkan bentuknya seperti tabung. Bumbui dengan Garam dari MamaSuka dan merica atau saus kesukaan. Setelah itu, kamu bisa memanggangnya di atas teflon atau panggangan arang. Panggang selama 2-3 menit saja.

Slow-cooked Selama 30-60 Menit

Untuk kamu yang mau memasak dengan metode slow cooking dan ingin cumi-cuminya tidak alot, jangan khawatir. Kamu bisa mencampur cumi-cumi dengan air dan bumbu-bumbu sesuai resep yang tersedia. Setelah itu, masak dengan metode slow cooking selama 30 menit-60 menit sampai cumi-cuminya empuk.

Bagaimana? Sekarang tidak pusing lagi kan dengan bau cumi dan teksturnya yang alot.

Daesang Care