Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Cara Memasak Beras Merah Supaya Lebih Pulen dan Enak

Cara

Beras merah kerap dijadikan alternatif bagi yang ingin membiasakan hidup sehat. Beras ini dipercaya memiliki segudang manfaat karena kandungan gizi di dalamnya yang begitu kaya. Selain itu, beras merah ini juga memiliki kandungan gula lebih rendah dari beras putih pada umumnya. Sayangnya, ada satu kelemahan yang menjadikan beras merah ini kerap tidak disukai, yaitu teksturnya yang keras.

Kerasnya tekstur beras merah ini dikarenakan cara masaknya yang kurang tepat. Buat kamu yang sedang berencana mengkonsumsi beras merah, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut ini:

Rendamlah Beras Sedikit Lama

Berbeda dengan beras putih yang biasa kita makan, beras merah ini hanya perlu dicuci sebentar saja. Cukup 2-3 kali bilasan agar nutrisinya tidak hilang. Ini juga karena beras merah tidak mengalami proses pengelupasan dan penggilingan berlebih.

Kemudian, setelah dicuci, rendamlah beras merah ini sampai 12 jam. Akan tetapi, bila kamu tidak punya banyak waktu untuk merendam beras merah sampai begitu lama, pilihlah jenis beras yang kupas kulit. Dengan beras ini kamu bisa merendamnya mulai dari 30 menit sampai 1 jam saja.

Gunakan Takaran Air yang Lebih Banyak

Kadar air yang dibutuhkan beras merah berbeda dengan beras jasmine. Takaran air yang dibutuhkan beras ini lebih banyak. Sebagai perbandingan, kamu bisa mekai rumus 3:1. Artinya untuk 1 cup beras merah bisa menggunakan 3 cup air.

Campur dengan Beras Putih

Kamu juga bisa mencampur beras merah dengan beras putih supaya teksturnya tidak terlalu keras. Perbandingan yang pas untuk percampuran ini adalah dua banding satu. Atau kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu. Nah, dalam hal ini pemberian jumlah air juga tergantung pada banyak tidaknya jumlah beras merah. Kalau lebih banyak beras merah, maka airnya lebih banyak. Begitu pula sebaliknya.

Coba Matikan Modus Penghangat Rice Cooker

Memakan nasi hangat memang terasa lebih lezat, akan tetapi menggunakan modus penghangat pada rice cooker bisa membuat nasi merahmu jadi lebih keras. Ini karena panas pada rice cooker membuat kadar air pada nasi jadi terus berkurang. Makanya sebaiknya matikan modus penghangat ini bila sudah matang supaya nasinya awet pulen.

Memasak Secara Manual

Tahukah kamu kalau memasak beras merah secara manual bisa membuat teksturnya jadi lebih pulen? Ini karena dengan memasaknya secara manual, kamu butuh dua kali proses memasak. Yang pertama kamu memasaknya menggunakan panci dimana kamu memasaknya dengan air sampai airnya asat. Baru kemudian menumpangkan beras setengah matang tadi ke dandang untuk dibiarkan masak secara sempurna. Memasak dengan cara ini jauh lebih enak dibandingkan dengan memasak menggunakan rice cooker.

Setelah Matang Jangan Langsung Dibuka

Saat nasi merah sudah matang, jangan buru-buru membuka nasi terlebih dahulu. Biarkan tertutup rapat selama 10-15 menit agar nasi lebih tanak. Hal ini berlaku untuk dandang dan juga rice cooker. Uap yang ada di dalam alat pemasak ini nantinya akan membuat tekstur nasi jadi lebih pulen dan mengembang.

Meskipun dianggap sebagai salah satu makanan untuk diet, tapi nasi merah ini juga bisa diolah menjadi makanan lain loh. Tinggal kreativitas kita saja. Kamu bisa mengolahnya menjadi nasi goreng atau onigiri kreasi kamu. Kamu bisa pakai aneka bumbu dan pelengkap seperti rumput laut Sushi Nori MamaSuka untuk membuat onigiri dan Bumbu Pasta Nasi Goreng Teri untuk nasi goreng.

Daesang Care