Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

5 Manfaat Saus Tiram dan Tips Menggunakannya untuk Masakan

5

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan saus tiram. Saus yang satu ini sering digunakan untuk memperkaya rasa masakan dan membuatnya makin lezat. Jadi tak heran kalau semakin banyak kreasi masakan yang menggunakan saus tiram di dalamnya.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata saus tiram juga memiliki beragam manfaat? Apa saja sih manfaat saus tiram? Temukan jawabannya di bawah ini, ya!

5 Manfaat Saus Tiram untuk Kesehatan

Saus tiram tidak hanya dapat membuat masakan jadi lebih enak, namun juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 manfaat saus tiram yang perlu Anda ketahui.

1. Mengandung Beragam Nutrisi

Manfaat saus tiram pertama adalah banyaknya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Saus ini kaya akan protein yang berasal dari tiram. Terdapat juga kandungan-kandungan lain seperti zat besi, natrium, kalium, omega 3, zinc, dan lain sebagainya.

Beragam nutrisi tersebut tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Sebut saja omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak dan zinc untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

2. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Saus tiram dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Hal ini karena kandungan riboflavin, niasin, dan vitamin B12 yang ada di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut juga dapat menjaga dan meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Dengan begitu, saus tiram secara tidak langsung dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah. Beberapa di antaranya adalah penyakit pembuluh darah, anemia, dan hipertensi. 

3. Membantu Sistem Pencernaan

Selain sistem peredaran darah, saus tiram juga dapat membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan niasin dan air pada saus tiram yang cukup tinggi berperan dalam meningkatkan sistem kerja pencernaan. Namun tentu saja kamu perlu imbangi dengan konsumsi serat untuk pencernaan yang lebih sehat, ya!

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat saus tiram selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Saus tiram mengandung riboflavin dan niasin yang baik untuk kesehatan kulit serta rambut. Kandungan riboflavin juga berperan untuk mencegah keriput dan tanda penuaan dini lainnya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Saus tiram dapat membantu menangkal radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh. Kandungan selenium dan vitamin B12 pada saus tiram berfungsi untuk melindungi dari radikal bebas. Kedua kandungan tersebut juga dapat membantu melindungi kerusakan sel dalam tubuh.

Tak hanya itu, saus tiram juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan. Hal ini karena kandungan selenium yang berperan dalam menjaga imunitas tubuh.

Tips Menggunakan Saus Tiram untuk Masakan

Setelah mengetahui apa saja manfaat saus tiram, tentu kamu jadi semakin bersemangat untuk menambahkannya dalam masakan, bukan? Meski begitu, kamu perlu memahami bagaimana cara penggunaan saus tiram yang tepat agar rasa masakan lebih nikmat.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips menggunakan saus tiram untuk masakan.

Gunakan Saus Tiram Sesuai Kebutuhan

Tips pertama yang dapat kamu ikuti adalah menggunakan saus tiram sesuai dengan kebutuhan. Saus tiram dapat kamu gunakan sebagai cocolan untuk masakan, biasanya aneka gorengan. Kamu juga bisa menggunakan saus tiram untuk pelengkap rasa dan dimasak bersama makanan.

Saus tiram dapat kamu gunakan untuk masakan yang ditumis dan membutuhkan rasa umami. Saus ini memberikan rasa asin manis yang cocok untuk melengkapi masakan kamu.

Tambahkan Saus Tiram di Akhir

Jika ingin menggunakan saus tiram dalam masakan, sebaiknya kamu menambahkannya di akhir. Saus tiram tidak boleh dimasak terlalu lama karena bisa membuat kandungan nutrisi di dalamnya hilang. Jadi gunakan saus tiram sebagai langkah terakhir dalam proses memasak, ya.

Hindari Saus Tiram untuk Asinan dan Masakan Pedas

Tips selanjutnya adalah menghindari penggunaan saus tiram untuk menu asinan sayur. Selain rasanya menjadi aneh, saus tiram juga membuat asinan tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. Padahal asinan biasanya lebih enak jika disimpan beberapa lama di dalam kulkas.

Bukan hanya asinan, kamu juga perlu menghindari penggunaan saus tiram untuk makanan pedas. Rasa saus tiram akan tertutup dengan rasa pedas yang kuat pada masakan tersebut. Jadi, sebaiknya gunakan untuk masakan lain saja, ya!

Tambahkan Saat Masakan Sudah Dingin

Jika kamu ingin menambahkan saus tiram pada masakan yang sudah matang, lakukan saat tidak terlalu panas atau sudah dingin. Hal ini akan menambah rasa masakan jadi lebih nikmat. Bagaimana caranya?

Cara yang pertama dengan menambahkan saus tiram langsung begitu masakan sudah dingin. Cara lain adalah dengan merebus saus tiram hingga kental, lalu angkat dan biarkan sampai dingin. Setelah itu, kamu bisa menambahkan saus tersebut ke dalam masakan.

Pilih Saus Tiram yang Berkualitas

Tips terakhir yang tak kalah pentingnya untuk kamu perhatikan adalah memilih saus tiram yang berkualitas. Pastikan saus tiram yang kamu gunakan terjamin kandungannya dan aman untuk digunakan. Delisaos Saus Tiram MamaSuka bisa menjadi pilihan sebagai produk yang terbuat dari bahan sehat dan tentunya berkualitas.

Kamu juga bisa memilih varian Saus Tiram MamaSuka sesuai dengan selera, seperti Saus Tiram Manis serta Saus Tiram Udang dan Jamur. Perpaduan manis dan gurih yang kaya rasa akan menjadikan masakan kamu menjadi lebih lezat. Kamu bisa menggunakannya untuk ragam masakan, mulai dari yang sederhana seperti nasi goreng sampai olahan seafood.

Itulah berbagai manfaat saus tiram dan tips menggunakannya untuk masakan agar semakin lezat. Untuk tubuh yang lebih sehat, jangan lupa untuk melengkapinya dengan kandungan bergizi lainnya, ya!

Daesang Care