Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

7 Manfaat dan Kandungan Gizi Cumi-cumi untuk Kesehatan

7

Penggemar seafood pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini, cumi-cumi. Makanan bertekstur kenyal dan rasanya khas ini memang banyak digemari. Apalagi ada beragam olahan cumi-cumi yang menggugah selera, bikin makan jadi makin nikmat.

Tapi bukan hanya itu, cumi-cumi juga ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Makanan laut ini mengandung berbagai kandungan gizi yang baik buat kesehatan kamu. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 manfaat dan kandungan gizi cumi-cumi untuk kesehatan.

1. Mendukung Fungsi Otak dan Sistem Saraf

Manfaat pertama dari cumi-cumi adalah mendukung fungsi otak dan sistem saraf dalam tubuh. Hal ini karena cumi-cumi mengandung asam lemak omega-3 yang menjadi komponen utama pada struktur otak dan sistem saraf. Kandungan ini membantu perkembangan fungsi otak lebih optimal, serta dapat melindungi sistem saraf dari kerusakan.

Selain itu, cumi-cumi juga mengandung vitamin B12 dan mineral yang baik untuk fungsi otak serta sistem saraf tubuh. Vitamin B12 membantu menghindarkan kamu dari masalah neurologis, seperti kesemutan dan kesulitan konsentrasi. Sedangkan mineral seperti selenium dan fosfor dalam cumi-cumi akan melindungi sistem saraf dan mendukung agar bisa berfungsi optimal.

2. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Bukan hanya bagus untuk fungsi otak dan saraf, vitamin B12 pada cumi-cumi juga ternyata berperan dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 membantu proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel tubuh, termasuk sel darah merah. Cumi-cumi juga mengandung zat besi yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh kamu.

Tak hanya produksi darah merah, cumi-cumi juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Kandungan kalium pada cumi-cumi berperan dalam mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Kalium juga dapat mengurangi efek negatif natrium untuk tubuh yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat cumi-cumi yang selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. Hal ini karena kandungan mineral yang ada dalam cumi-cumi, yaitu kalsium, selenium, dan fosfor. Ketiga mineral tersebut berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi.

Cumi-cumi juga mengandung protein yang turut berperan dalam mendukung kesehatan tulang dan gigi. Sebagai sumber protein hewani yang rendah lemak, mengkonsumsi cumi-cumi akan membantu pertumbuhan jaringan tulang dan gigi yang sehat.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Tahukah kamu kalau cumi-cumi adalah makanan yang rendah kolesterol? Kandungan lemak dalam cumi-cumi adalah lemak tak jenuh alias lemak baik, yaitu asam lemak omega-3. Selain mendukung fungsi otak dan saraf seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lemak baik ini ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol, lho!

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Asam lemak omega-3 dalam cumi-cumi sebagai lemak baik akan menurunkan kadar lemak jahat, yaitu kolesterol LDL. Dengan begitu, lemak baik akan meningkat yang kemudian membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. 

5. Menjaga Keseimbangan Cairan tubuh

Manfaat selanjutnya dari cumi-cumi adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Keseimbangan cairan sendiri merupakan hal yang penting agar tubuh kamu bisa berfungsi dengan baik. Cumi-cumi memiliki kandungan air tinggi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangannya.

Kandungan elektrolit seperti kalium dan natrium dalam cumi-cumi juga turut berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kalium mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam sel, sedangkan natrium menjaga keseimbangan cairan antara sel-sel tubuh. Kombinasi yang sempurna, bukan? 

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan gizi yang ada pada cumi-cumi menjadikannya sebagai asupan yang baik untuk jantung. Sebut saja asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Konsumsi cumi-cumi dapat membantu kamu dalam mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner, lho.

Cumi-cumi juga mengandung vitamin dan mineral turut berperan dalam menjaga kesehatan jantung kamu. Beberapa di antaranya adalah zat besi, selenium, kalium, dan fosfor. Kandungan-kandungan tersebut membantu sirkulasi darah yang sehat dan menjaga kestabilan detak jantung.

7. Mencegah Stroke dan Kanker

Manfaat terakhir cumi-cumi yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan adalah membantu pencegahan stroke dan kanker. Vitamin B6 dan B12 pada cumi-cumi berperan dalam mencegah terjadinya stroke. Cumi-cumi juga mengandung anti inflamasi yang mengurangi peradangan dan mengurangi resiko penyakit stroke.

Sedangkan untuk penyakit kanker, tinta cumi-cumi memegang peran penting dalam pencegahannya. Tinta cumi-cumi mengandung antioksidan, protein, dan polisakarida yang dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker. Beberapa di antaranya adalah sel kanker payudara, paru-paru, dan prostat.

Namun tentu saja, pencegahan penyakit perlu dibarengi dengan konsumsi makanan sehat lainnya. Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur. Kalau mulai merasakan gejala penyakit tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter, ya!

Itulah beberapa manfaat cumi-cumi dan kandungan gizinya yang berperan penting untuk kesehatan. Supaya lebih maksimal manfaat yang didapat, pastikan untuk mengolah cumi-cumi dengan benar, ya. Perhatikan aspek-aspek seperti proses pencucian sampai memasak agar tetap enak dan sehat.

Beberapa di antaranya adalah memilih cumi-cumi yang segar dan berkualitas baik, juga menghilangkan bau amisnya dengan jeruk nipis dan jahe. Perhatikan juga proses penyimpanan dan wadah yang digunakan untuk menyimpan cumi-cumi. Agar tidak mudah busuk, kamu bisa menyimpannya di dalam freezer. 

Setelah itu, kamu bisa mengolah cumi-cumi menjadi santapan yang lezat. Bukan hanya sebagai menu harian, cumi-cumi juga cocok dihadirkan untuk acara spesial. Agar olahan cumi-cumi lebih sedap dan enak, kamu juga bisa menggunakan Delisaos Kecap Manis Ala Resto.

Selamat mencoba!

Daesang Care