Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Resep Sayur Tahu Pong Santan, Teman Ketupat Meriahkan Lebaran

Resep

Lebaran identik dengan perayaan dan kumpul-kumpul keluarga sambil menyantap makanan khas seperti ketupat. Biasanya ketupat disantap dengan opor ayam, meski bisa juga disantap dengan lauk lainnya. Kalau kamu bosan dengan kombinasi ketupat dan opor ayam, maka sayur tahu pong santan bisa menjadi pilihan.

Tahu pong adalah makanan yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Jawa Timur. Tahu pong terbuat dari tahu yang diisi dengan campuran daging ikan, tepung terigu, bawang putih, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah diisi, tahu kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Tahu pong memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya gurih dan sedikit manis, dengan aroma yang menggugah selera. Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan pendamping dalam berbagai acara, seperti acara keluarga, pesta, atau sebagai hidangan penutup di restoran.

Tahu pong dapat dinikmati dengan cara langsung dimakan begitu saja, atau bisa juga diolah menjadi kreasi lain yang tak kalah lezatnya. Salah satunya adalah sayur tahu pong santan yang akan dibahas pada artikel ini. Simak bagaimana cara membuatnya di bawah ini, ya!

Cara Membuat Tahu Pong

Sebelum membuat sayur tahu pong santan, kamu dapat membuat tahu pongnya terlebih dahulu. Membuat tahu pong sendiri tentu saja lebih sehat karena terjamin kebersihan serta bahan-bahan yang digunakan. Berikut bahan-bahan dan cara membuat tahu pong sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 500 gram tahu putih

  • 2 sdm MamaSuka Tepung Bumbu Krispi Serbaguna

  • 1 sdt garam

  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tahu Pong

  1. Potong tahu putih menjadi beberapa bagian.

  2. Haluskan tahu menggunakan blender atau chopper hingga teksturnya lembut dan halus.

  3. Tambahkan tepung terigu dan garam ke dalam tahu yang telah dihaluskan, lalu aduk rata.

  4. Ambil sejumput adonan tahu pong dan bulatkan menjadi bola kecil. Lakukan langkah yang sama hingga adonan tahu pong habis.

  5. Tahu pong siap untuk digoreng.

Cara Menggoreng Tahu Pong Agar Matang Merata

  1. Panaskan minyak dalam wajan: Tuangkan minyak secukupnya ke dalam wajan dan panaskan minyak dengan api sedang hingga minyak cukup panas. Pastikan wajan dan minyak terdistribusi dengan merata.

  2. Masukkan tahu pong ke dalam minyak panas: Letakkan tahu pong yang telah diisi adonan ke dalam wajan dengan hati-hati. Pastikan tahu pong tidak saling menumpuk dan memiliki cukup ruang untuk bergerak.

  3. Goreng dengan api sedang: Biarkan tahu pong menggoreng dengan api sedang. Jangan terlalu tinggi agar tahu tidak gosong di luar namun masih mentah di dalam. Dengan api sedang, tahu pong akan matang merata dan berwarna kecokelatan secara perlahan.

  4. Bolak-balik tahu pong: Setelah beberapa saat menggoreng, gunakan spatula atau sendok penggoreng untuk membolak-balik tahu pong. Pastikan kedua sisi tahu pong terkena panas secara merata hingga matang sempurna dan berwarna kecokelatan di semua sisi.

  5. Angkat dan tiriskan: Setelah tahu pong matang dan berwarna kecokelatan, angkat tahu pong dari wajan menggunakan spatula atau sendok penggoreng. Biarkan minyak berlebihan menetes dan tiriskan tahu pong pada rak peniris atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

  6. Sajikan tahu pong: Tahu pong siap disajikan sebagai lauk atau bahan untuk membuat olahan masakan lainnya.

Resep Sayur Tahu Pong Santan

Tahu pong bisa digunakan dalam berbagai hidangan seperti sayur, sup, atau bisa juga digoreng dan disajikan dengan saus sebagai camilan. Pada resep ini, kita akan membuat olahan tahu pong menjadi sayur yang cocok menjadi lauk ketupat saat Lebaran nanti.

Untuk lebih jelasnya, berikut bahan-bahan dan cara membuat sayur tahu pong santan.

Bahan-bahan

  • 200 gram tahu pong

  • 200 ml santan kental

  • 5 batang kacang panjang

  • 3 buah wortel

  • 3 buah labu siam

  • 1 batang serai, geprek

  • 1 ruas kunyit, geprek

  • 2 cm lengkuas, geprek

  • 2 lembar daun salam

  • 2 cabai merah (bisa disesuaikan dengan selera)

  • 2 cabai hijau (bisa disesuaikan dengan selera)

  • 2 siung bawang putih, cincang halus

  • 2 siung bawang merah, cincang halus

  • 1 sdm MamaSuka Minyak Goreng Jagung

  • Garam secukupnya

  • Gula secukupnya

Cara Membuat

  1. Panaskan MamaSuka Minyak Goreng Jagungdi atas wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

  2. Tambahkan kunyit, serai, daun salam, dan lengkuas. Tumis sebentar hingga aromanya keluar.

  3. Masukkan cabai merah dan cabai hijau yang sudah dipotong-potong, aduk rata.

  4. Tambahkan sayur-sayuran yang terdiri dari wortel, kacang panjang, dan labu siam. Aduk dan tumis kembali agar bumbunya meresap ke dalam sayuran.

  5. Masukkan tahu pong, aduk hingga tercampur dengan bumbu.

  6. Tuangkan santan kental dan aduk perlahan hingga merata.

  7. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera.

  8. Masak dengan api kecil hingga santan mendidih dan bumbu meresap ke dalam tahu pong.

  9. Angkat sayur tahu pong santan dan sajikan dalam keadaan hangat.

 

Itulah resep membuat sayur tahu pong santan yang cocok menjadi lauk ketupat saat perayaan Lebaran nanti. Kamu juga bisa tambahkan sambal dan kerupuk supaya rasanya lebih nikmat. Untuk sajian yang lebih sedap, gunakan selalu produk-produk terbaik dari MamaSuka, ya!

Daesang Care