Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Manfaat dan Cara Membuat Susu Kurma, Bantu Pulihkan Tenaga Saat Mudik

Manfaat

Saat mudik dan bersilaturahmi di hari raya, menjaga stamina adalah salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan. Untuk itu, mengonsumsi berbagai asupan bernutrisi wajib kamu lakukan. Salah satunya adalah susu kurma, minuman sehat yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Minum susu kurma dapat membantu mengisi tenaga kembali dan membuat tubuh lebih sehat saat kelelahan, terutama saat mudik. Susu kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium dari kurma, serta lemak, protein, dan vitamin lainnya dari susu. Kombinasi nutrisi ini dapat memberikan energi yang cepat dan juga mendukung pemulihan stamina.

Di artikel ini, kita akan mengulas lebih jauh tentang susu kurma, mulai dari kandungan gizi, manfaat, hingga cara membuatnya. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Susu Kurma?

Susu kurma adalah minuman yang dibuat dari campuran susu dan kurma. Kurma sendiri merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral, dan sering dikonsumsi dalam bentuk kering. Jadi tak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya untuk membuat berbagai olahan yang bernutrisi.

Susu kurma biasanya dibuat dengan mencampurkan kurma yang telah dikeringkan dan disangrai dengan susu. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis susu, baik itu susu sapi, susu kambing, atau bahkan susu nabati seperti susu almond atau susu kedelai.

Proses pembuatan susu kurma pun cukup sederhana. Kurma biasanya direndam dalam air panas untuk melembutkannya, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan susu. Campuran ini kemudian disaring untuk menghilangkan serat kasar dan dibiarkan dingin sebelum disajikan.

Susu kurma adalah minuman yang sangat bergizi. Kurma kaya akan serat, kalium, dan antioksidan, sedangkan susu adalah sumber protein dan kalsium yang baik. Susu kurma bisa menjadi pilihan minuman yang sehat dan lezat, baik untuk sarapan atau sebagai camilan untuk temani aktivitas seharian.

Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Seperti yang telah diulas sebelumnya, mengonsumsi susu kurma dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat susu kurma yang perlu kamu ketahui.

1. Sumber Energi

Susu dan kurma keduanya mengandung gula alami yang dapat memberikan energi instan. Kombinasi ini dapat membantu mengisi kembali energi yang hilang akibat kelelahan dan aktivitas fisik, seperti mudik.

Selain itu, susu kurma juga diketahui dapat memperkuat otot dan meningkatkan kesehatan pencernaan, yang sangat bermanfaat saat dalam perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan. Jadi, susu kurma bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat mudik untuk membantu menjaga energi dan kesehatan.

2. Kaya Nutrisi

Susu kurma dikombinasikan dari nutrisi kurma dan susu, yang mana kedua bahan tersebut memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu mengandung protein, lemak sehat, kalsium, dan vitamin B kompleks yang penting untuk pemulihan dan kesehatan tubuh. Kurma juga mengandung serat, mineral, dan vitamin yang dapat memberikan nutrisi tambahan.

Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut, susu kurma pun bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Beberapa di antaranya adalah memelihara kesehatan jantung, penurunan tekanan darah, dan pencegahan sembelit.

3. Elektrolit Alami

Kurma mengandung elektrolit alami seperti kalium, magnesium, dan natrium. Kandungan tersebut dapat membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh setelah kelelahan atau dehidrasi. Hal ini juga yang membuat susu kurma menjadi pilihan tepat untuk memulihkan stamina kamu saat mudik.

4. Antioksidan dan Kaya Vitamin

Kurma mengandung antioksidan alami yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan kulit dengan sifat anti penuaan dan perlindungan terhadap radiasi UV.

 

Susu kurma juga merupakan minuman yang kaya akan kalsium dan vitamin yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Tak hanya itu, minuman ini mengandung vitamin B, kalium, serta natrium yang kesehatan sistem saraf dan otak.

Cara Membuat Susu Kurma

Bukan saja memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, susu kurma pun mudah dibuat. Kamu dapat membuat minuman ini sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. 

Untuk lebih jelasnya, berikut bahan-bahan dan langkah membuat susu kurma yang sehat dan pastinya enak.

Bahan-bahan

  • 15 butir kurma

  • 500 ml susu cair

  • 3 sdm madu

  • Air matang secukupnya (untuk merendam kurma)

Langkah-langkah

  1. Buang biji kurma dan rendam dalam air matang hingga terendam seluruhnya. Supaya lebih cepat lunak, gunakan air hangat untuk merendam kurma. Simpan rendaman kurma tersebut dalam kulkas sekitar 5 jam atau semalaman.

  2. Campur susu cair, kurma yang sudah direndam, dan air rendamannya, tambahkan madu.

  3. Blender semua bahan sampai halus.

  4. Tuang ke dalam gelas saji dan susu kurma siap dinikmati.

 

Mudah sekali, bukan? Selain minum susu kurma, pastikan untuk istirahat yang cukup dan mengonsumsi asupan sehat lainnya, ya. Selamat mencoba!

Daesang Care