Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Resep Spaghetti Aglio Olio untuk Menu Bukber yang Istimewa

Resep

Mau bukber bareng bestie tapi bingung pilih menu apa yang cocok? Coba untuk membuat spaghetti aglio olio saja. Dengan bahan-bahan sederhana namun menghasilkan cita rasa yang kaya, spaghetti aglio olio akan menjadi hidangan yang disukai oleh semua orang. 

Bukan hanya mudah membuatnya, menu satu ini juga akan membuat momen bukber kamu jadi lebih istimewa. Lalu, bagaimana apa saja bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya? Temukan jawabannya di bawah ini, ya!

Kenapa Spaghetti Aglio Olio Cocok untuk Menu Bukber?

Sebelum membahas cara membuatnya, kita akan mengulas terlebih dahulu kenapa spaghetti aglio olio cocok menjadi menu bukber bersama orang-orang tersayang. Spaghetti aglio olio adalah hidangan pasta yang terbuat spaghetti yang dimasak al dente dan disajikan dengan saus bawang putih, minyak zaitun, cabai, dan parsley.

Berikut beberapa alasan mengapa spaghetti aglio olio cocok untuk menu buka puasa.

  1. Mudah dan Cepat: Spaghetti aglio olio adalah hidangan yang cepat dan mudah disiapkan. Setelah berpuasa seharian, kamu dan bestie mungkin ingin menyajikan hidangan yang tidak memakan waktu lama untuk dipersiapkan. Karena itu, spaghetti aglio olio adalah pilihan yang tepat.

  2. Ringan dan Mengenyangkan: Spaghetti aglio olio memiliki rasa yang lezat dan ringan. Saus bawang putih yang kaya akan aroma dan rasa memberikan hidangan yang menyegarkan. Meskipun ringan, hidangan ini tetap memberikan kekenyangan yang cukup untuk mengisi perut setelah berpuasa.

  3. Variasi Bahan: Kamu dapat menambahkan variasi bahan sesuai selera dan preferensi sendiri maupun teman-teman yang datang bukber. Misalnya, kamu bisa menambahkan udang, jamur, atau sayuran seperti brokoli atau paprika untuk memberikan hidangan yang lebih beragam dan bergizi.

  4. Penyesuaian Rasa: Kamu dapat menyesuaikan tingkat kepedasan hidangan sesuai dengan selera. Jika kamu dan bestie menyukai makanan pedas, kamu dapat menambahkan lebih banyak cabai. Tapi jika kamu lebih suka rasa yang lebih ringan, kamu dapat mengurangi jumlah cabai.

Resep Spaghetti Aglio Olio

Membuat spaghetti bisa kamu buat sendiri dengan cepat dan menggunakan bahan-bahan yang dapat dijangkau secara mudah. Pada resep ini, kita akan menggunakan MamaSuka Saus Spagetti Aglio Olio untuk rasa yang yang lebih nikmat. Dengan saus ini, kamu bisa memasak spaghetti atau olahan pasta lainnya dengan mudah sekaligus menyajikan rasa yang lezat.

Untuk lebih jelasnya, berikut bahan-bahan dan cara membuat spaghetti aglio olio.

Bahan-bahan

  • 250 gram spaghetti

  • 1 bungkus MamaSuka Saus Spagetti Aglio Olio

  • 4 siung bawang putih, cincang halus

  • ½ sdt cabai merah bubuk (bisa disesuaikan dengan selera)

  • ¼ cup minyak zaitun extra virgin

  • ¼ cup parsley segar, cincang halus

  • Garam secukupnya

  • Parmesan parut untuk taburan (opsional)

Cara Membuat

  1. Rebus air dalam panci besar, dan tambahkan sedikit garam.

  2. Masukkan spaghetti ke dalam air mendidih dan masak hingga al dente agar lebih nikmat. Setelah matang, tiriskan spaghetti dan sisihkan.

  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak zaitun dengan api sedang.

  4. Tumis bawang putih cincang hingga harum dan berwarna keemasan. Pastikan tidak sampai terlalu cokelat agar tidak terlalu pahit.

  5. Jika kamu suka rasa pedas, tambahkan cabai merah bubuk ke dalam wajan dan aduk rata dengan bawang putih.

  6. Masukkan spaghetti yang sudah ditiriskan ke dalam wajan dengan bawang putih dan cabai merah. Aduk rata hingga semua spaghetti terbalut dengan minyak zaitun dan bawang putih.

  7. Tambahkan MamaSuka Saus Spagetti Aglio Olio dan garam secukupnya, aduk rata kembali.

  8. Matikan api dan tambahkan parsley cincang. Aduk rata.

  9. Sajikan spaghetti aglio olio dalam piring saji. Taburkan dengan parmesan parut supaya rasanya lebih lezat.

Tips Membuat Spaghetti Agar Al Dente

Saat membuat spaghetti, kamu pasti menemukan instruksi untuk memasaknya sampai al dente. Tapi, apa itu al dente? Mengapa membuat spaghetti disarankan hingga al dente?

Spaghetti al dente adalah pasta yang dimasak hingga matang, namun masih tetap kenyal dan sedikit keras saat digigit. Tekstur al dente memberikan pengalaman makan yang lebih menyenangkan dan mempertahankan keutuhan pasta. Pasta al dente memiliki rasa dan tekstur yang lebih baik daripada pasta yang terlalu matang atau terlalu lembek.

Untuk memasak spaghetti agar al dente, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Rebus Air: Didihkan air dalam panci yang cukup besar. Pastikan airnya banyak dan tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa pada pasta.

  2. Masukkan Spaghetti: Setelah air mendidih, masukkan spaghetti ke dalam air rebus. Pastikan spaghetti sepenuhnya terendam dalam air.

  3. Aduk Sesekali: Aduk spaghetti sesekali untuk mencegah lengket dan memastikan pasta matang merata.

  4. Perhatikan Waktu: Perhatikan petunjuk waktu pada kemasan spaghetti untuk mengetahui waktu masak yang disarankan. Untuk mencapai tekstur al dente, biasanya membutuhkan waktu memasak lebih singkat dari waktu yang tertera pada kemasan.

  5. Tes Kematangan: Setelah beberapa menit, cicipi spaghetti untuk memeriksa tingkat kematangannya. Spaghetti al dente seharusnya kenyal namun tetap sedikit keras saat digigit.

  6. Tiriskan: Setelah mencapai tekstur al dente, tiriskan spaghetti dengan saringan atau penyaring pasta. Jangan mencucinya dengan air dingin karena dapat menghilangkan lapisan pati yang membantu saus menempel pada pasta.

 

Itulah resep spaghetti aglio olio dan tips membuatnya agar al dente untuk disajikan sebagai menu bukber bersama orang-orang tersayang. Untuk rasa yang lebih lezat, selalu gunakan produk-produk unggulan dari MamaSuka, ya!

Daesang Care