Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

6 Makanan Bergizi untuk Asupan Selama Bulan Puasa

6

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan ibadah puasa, salah satunya adalah asupan makanan bergizi. Asupan ini penting kamu perhatikan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh saat berpuasa. Jadi ibadah puasa bisa tetap maksimal, kesehatan pun tetap terjaga dengan baik.

Ini dia beberapa makanan bergizi yang penting untuk kamu perhatikan sebagai asupan bagi tubuh selama bulan puasa.

1. Karbohidrat Kompleks

Yang pertama adalah karbohidrat kompleks, terdiri dari molekul gula yang lebih kompleks dan lambat dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Tubuh kamu tidak mendapat asupan makanan selama berpuasa, sehingga penting untuk mengkonsumsi makanan yang memberikan energi dengan cukup. 

Tak hanya itu, karbohidrat kompleks juga kaya akan serat. Serat sendiri merupakan komponen yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengatur kadar kolesterol, dan mengontrol berat badan. Serat dalam karbohidrat kompleks membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan saat berbuka puasa.

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, oatmeal, kentang, dan lain-lain. Kamu dapat membuat olahan makanan bergizi dari bahan-bahan tersebut agar kebutuhan karbohidrat tubuh terpenuhi. Misalnya dengan menyantap nasi merah atau oatmeal saat sahur dan sajian dari kentang saat berbuka puasa.

2. Protein

Makanan bergizi yang dibutuhkan sebagai asupan saat berpuasa selanjutnya adalah protein. Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mempertahankan massa otot, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Asupan protein yang cukup akan membantu memperbaiki dan membangun kembali sel-sel yang rusak.

Bukan hanya memperbaiki sel yang rusak, protein juga diperlukan untuk pembentukan enzim, hormon, dan zat lain yang penting bagi fungsi tubuh yang optimal. Dengan mengonsumsi protein yang cukup selama puasa, tubuh dapat mempertahankan kesehatan dan kekuatan jaringan tubuh.

Asupan protein yang cukup juga dapat mengamankan cadangan energi dari glikogen dan lemak, bukan mengambil dari massa otot. Kekurangan asupan protein bisa menyebabkan penurunan massa otot dan metabolisme basal. Seperti karbohidrat kompleks, protein pun memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kamu makan berlebihan saat berbuka puasa.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan protein yang dapat dikonsumsi saat puasa antara lain daging, ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe. Salah satu pilihan makanan berprotein adalah MamaSuka Chicken Nugget. Kamu dapat mengolah hidangan satu ini dengan mudah untuk disajikan saat sebagai menu sahur maupun berbuka puasa.

3. Sayuran

Selanjutnya ada sayuran, makanan bergizi yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi sayuran yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga keseimbangan gizi selama berpuasa. Terpenuhinya asupan serat dari sayuran akan menjaga kesehatan pencernaan, mengatur gula darah, sekaligus membuat kenyang terasa lebih lama.

Selain itu, sayuran juga mengandung antioksidan yang tinggi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selama berpuasa, tubuh kamu mengalami stres oksidatif yang lebih tinggi karena perubahan pola makan. Konsumsi sayuran yang kaya akan antioksidan seperti tomat, paprika, dan bayam dapat membantu tubuh terlindung dari kerusakan sel.

Jenis sayuran yang juga kaya akan nutrisi baik bagi tubuh adalah rumput laut. Rumput laut juga rendah kalori dan lemak jenuh, sehingga cocok sebagai pilihan makanan sehat selama puasa. Kamu dapat mengonsumsi MamaSuka Rumput Laut Panggang Kering dengan berbagai pilihan rasa sesuai dengan selera.

4. Buah-buahan

Makanan atau asupan bergizi lainnya yang baik bagi tubuh saat berpuasa adalah buah-buahan. Serat tinggi yang terkandung dalam buah-buahan akan menjaga pencernaan yang sehat sekaligus mengontrol kadar gula dan kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan juga kaya akan antioksidan, yang berperan dalam menjaga sel-sel tubuh dan melindungi dari radikal bebas. 

Karena itu, penting untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin seperti jeruk, mangga, dan stroberi. Kamu juga dapat mengonsumsi buah yang mengandung kalium untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, seperti pisang, kiwi, dan alpukat. 

Salah satu buah yang identik dengan bulan puasa adalah kurma. Kurma mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan memberikan energi yang cepat. Buah satu ini juga memiliki indeks glikemik rendah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil selama puasa.

5. Kacang-kacangan

Makanan bergizi selanjutnya adalah kacang-kacangan, yang kaya akan protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Kandungan penting dalam kacang-kacangan sangat berperan dalam  mengontrol gula darah dan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung. Meski begitu, penting untuk memahami apa saja jenis kacang-kacangan yang baik bagi tubuh.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi saat puasa adalah kacang almond, kacang tanah, kacang merah, kacang mete, kacang kenari, dan kacang hijau. Kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan sehat atau ditambahkan ke dalam hidangan seperti salad atau tumisan sayuran. Pastikan juga untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

6. Susu Rendah Lemak

Asupan bergizi yang juga penting untuk dikonsumsi di bulan puasa adalah susu rendah lemak. Asupan ini merupakan pilihan yang baik karena mengandung protein, kalsium, vitamin D, dan vitamin B12. Selain menjaga kesehatan secara keseluruhan, konsumsi susu rendah lemak juga akan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

Beberapa jenis susu rendah lemak yang baik untuk dikonsumsi saat puasa adalah susu sapi rendah lemak, susu almond rendah lemak, dan susu kedelai rendah lemak. Kamu dapat mengonsumsi susu rendah lemak secara langsung atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan. Misalnya saja mengkreasikannya dalam menu smoothie, oatmeal, atau sereal.

Itulah beberapa makanan bergizi yang penting untuk menjadi asupan saat menjalankan ibadah puasa. Pastikan untuk selalu memperhatikan asupan untuk tubuh agar ibadah puasa berjalan dengan lancar dan tetap sehat, ya!

Daesang Care