Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

3 Kreasi Makanan dengan Kulit Tahu, Gurih dan Nagih!

3

Kalau kamu ingin menyantap kreasi camilan yang gurih dan rasanya nagih, cobalah untuk membuat olahan dari kulit tahu. Bahan yang terbuat dari tahu kedelai dan berbentuk lembaran tipis ini biasanya digunakan sebagai pelapis atau pembungkus makanan. Beberapa makanan yang menggunakan bahan satu ini adalah lumpia kulit tahu, hekeng, ekado, dan lain sebagainya.

Penasaran apa saja menu yang bisa kamu kreasikan dari kulit tahu? Langsung saja cek di bawah ini, ya!

Lumpia Kulit Tahu

Bagi kamu penggemar dimsum, pasti sudah familiar dengan salah satu varian yang sering disajikan di rumah makan atau restoran dimsum ini. Lumpia kulit tahu merupakan penganan yang bisa kamu buat dengan mudah, namun rasanya dapat menyaingi restoran. Untuk isiannya, kamu bisa menggunakan daging ayam dan udang.

Lebih jelasnya, berikut bahan-bahan dan cara membuat lumpia kulit tahu.

Bahan-bahan

  • Kulit tahu, potong dengan ukuran 15 - 20 cm

  • 300 gram daging ayam

  • 300 gram udang

  • 1 sdm MamaSuka Saus Tiram Udang & Jamur

  • 1 sdm minyak wijen

  • 3 sdm tepung tapioka

  • 1 butir telur

  • 1 buah wortel, iris tipis-tipis

  • 2 siung bawang putih, iris tipis-tipis

  • 2 batang daun bawang, iris tipis-tipis

  • 1 ruas jahe, parut

  • 1 buah jamur shitake, rendam dengan air panas

  • 1 sdt garam

  • 1 sdt gula

  • 1 sdm kaldu bubuk

  • ½ sdt MamaSuka Lada Putih Bubuk

Cara Membuat

  1. Pertama-tama, haluskan daging ayam dan udang. Lalu masukkan ke dalam wadah atau mangkuk yang cukup besar.

  2. Tambahkan bumbu-bumbu berupa MamaSuka Saus Tiram Udang & Jamur, minyak wijen, bawang putih, jahe, garam, gula, kaldu bubuk, serta MamaSuka Lada Putih Bubuk. Tambahkan juga telur, lalu aduk rata.

  3. Masukkan wortel, daun bawang, dan jamur shitake yang sudah dipotong tipis-tipis. Aduk kembali.

  4. Tambahkan tepung tapioka agar adonan menempel, aduk kembali hingga rata.

  5. Masukkan adonan ke piping bag untuk memudahkan proses memasak, bisa juga menggunakan sendok kalau tidak ada.

  6. Siapkan selembar kulit tahu, lalu rendam sebentar dengan air. Setelah itu, letakkan kembali kulit tahu dan tuangkan adonan dari piping bag. Supaya tidak terlalu tebal, tuangkan 2 - 3 kali saja, atau satu sendok makan.

  7. Lipat kulit tahu dengan bentuk amplop, lalu sisihkan di wadah terpisah. Ulangi langkah yang sama hingga semua bahan habis.

  8. Panaskan minyak di atas wajan dengan api sedang, lalu goreng lumpia kulit tahu sampai matang kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Selain digoreng, kamu juga bisa menyajikan lumpia kulit tahu dengan cara dikukus. Langkahnya pun mudah, kamu hanya perlu mengukus lumpia yang sudah digoreng selama sepuluh menit. Kamu juga bisa menyimpannya di kulkas dan menjadikannya makanan beku (frozen food) untuk disantap nanti.

Hekeng Ayam Udang

Selain lumpia kulit tahu, kamu juga bisa membuat olahan lain yaitu hekeng ayam udang. Hekeng merupakan makanan asal Pontianak yang diadaptasi dari budaya Tiongkok, dengan rasa khas dan isian berbagai daging. Beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat hekeng adalah daging ayam, udang, dan lain sebagainya.

Seiring dengan berjalannya waktu, varian hekeng pun semakin berkembang dan disesuaikan dengan selera. Seperti hekeng ayam udang yang sering menjadi favorit, atau hekeng vegan yang mengganti daging dengan kentang. Dengan begitu, kamu pun bisa mencoba membuat kreasi hekeng sendiri sesuai dengan selera di rumah.

Membuat hekeng tidak begitu berbeda dengan lumpia kulit tahu, di mana kamu membutuhkan kulit tahu sebagai bahan pembungkusnya. Namun bedanya, kamu tidak perlu memotong kulit tahu dengan ukuran kecil dan bisa menggunakan yang lebar. Nantinya adonan akan diletakkan di permukaan kulit tahu, lalu digulung dengan rapat.

Adonan yang sudah dibungkus kulit tahu itu pun dikukus hingga matang. Kamu bisa menyimpan hekeng ini dengan dibekukan agar lebih awet untuk dimasak lain waktu, atau langsung menggorengnya. Namun sebelum menggoreng, pastikan hekeng sudah dingin dan bisa dipotong dengan baik.

Agar lebih lezat, sajikan hekeng ayam udang dengan saus kesayangan kamu seperti Delisaos Saus Sambal Hot Lava. Kamu juga bisa membuat saus sendiri dari bahan-bahan seperti MamaSuka Saus Tiram Udang & Jamur, minyak wijen, kecap asin, dan lain sebagainya.

Ekado Kulit Tahu

Buat kamu yang doyan makanan Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan ekado alias ebi katsu. Hidangan yang biasa menggunakan udang sebagai bahan isian utama ini memang banyak digemari dan sering disajikan di restoran Jepang. Selain udang, kamu juga bisa menambahkan isian lain seperti daging ayam dan sayuran.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat ekado dengan isian telur puyuh yang akan membuat rasanya lebih enak dan mengenyangkan. Pastikan kamu merebus telur puyuh terlebih dahulu, kemudian baru memasukkannya di dalam isian ekado. Bungkus adonan ekado dengan kulit tahu, letakkan telur puyuh di atasnya, lalu ikat dengan daun pandan.

Seperti hekeng, kamu juga perlu mengukus ekado terlebih dahulu sebelum menggorengnya. Hal ini bertujuan agar adonan dalam ekado matang dengan sempurna dan rasanya lebih gurih. Setelah itu, goreng ekado hingga kuning keemasan dan sajikan.

Itulah beberapa aneka hidangan yang bisa kamu buat menggunakan kulit tahu, dijamin rasanya gurih dan nagih hingga ingin nambah lagi. Untuk rasa yang lebih nikmat, jangan lupa gunakan produk-produk terbaik dari MamaSuka. Selamat mencoba!

Daesang Care