Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Ide Kreasi Dumpling Ayam, Lezat dan Kaya Nutrisi

Ide

Dumpling ayam seringkali diasosiasikan dengan makanan khas Imlek atau perayaan Tionghoa lainnya. Kenyataannya, makanan tersebut sudah digemari kalangan luas dan semakin menjamur belakangan ini. Cocok untuk menjadi camilan maupun menu pelengkap, makanan satu ini juga kaya akan nutrisi.

Jadi tidak harus menunggu Imlek atau hari besar lainnya, kamu bisa membuat kreasi dumpling yang lezat dan bergizi untuk momen apa pun. Kamu juga dapat menyajikannya untuk orang-orang tercinta di rumah, atau bahkan menjualnya supaya bisa mendulang cuan.

Membuat kreasi makanan sendiri memiliki banyak kelebihan, terutama dari segi pemilihan dan pengolahan bahan. Kamu dapat memasukkan bahan-bahan kaya nutrisi untuk menyajikan makanan bergizi. Untuk dumpling ayam, kamu bisa mendapatkan bahan-bahannya secara mudah dengan beragam pilihan.

Langsung saja simak ide kreasi dumpling ayam yang bisa kamu coba di bawah ini, ya!

1. Dumpling Ayam Oriental

Yang pertama ada dumpling ayam oriental, kreasi penganan yang akan menonjolkan rasa khas Chinese food. Untuk kreasi ini, kamu dapat menggunakan kulit dumpling atau pangsit yang berbentuk bulat. Bahan utamanya tentu saja daging ayam kaya protein, yang dapat kamu cincang halus supaya mudah saat pembuatan dumpling.

Untuk rasa oriental yang khas, tambahkan MamaSuka Saus Tiram dan Kecap Asin Cap Raja. Tambahkan juga minyak wijen, merica bubuk, gula, dan garam secukupnya. Begitu adonan sudah siap, isi kulit dumpling dan lipat hingga membentuk setengah lingkaran.

Lalu pastikan untuk melakukan bagian yang sangat penting dengan tepat, yaitu melipat kulit dumpling. Pada dumpling ayam oriental ini, kamu dapat melipat dengan bentukan lipit kecil. Setelah semua dumpling dilipat, kukus sampai matang dan sajikan hangat-hangat.

2. Sup Dumpling Ayam

Kreasi selanjutnya yang dapat kamu coba adalah sup dumpling ayam, menu yang cocok disantap saat hujan. Langkah pembuatan dari awal sampai pengukusan kreasi yang satu ini sama dengan dumpling oriental. Bedanya, kamu perlu membuat rebusan untuk sup setelah mengukus semua dumpling.

Untuk rebusannya, kamu dapat memasukkan tulang ayam dan kaldu ke dalam air mendidih. Rebus sekitar 20 menit, lalu saring kuah kaldu untuk menjadi sup. Masukkan dumpling yang sudah dikukus dan rebus sebentar, lalu sajikan dalam keadaan hangat.

3. Dumpling Sayur

Untuk memenuhi kadar gizi yang seimbang, dumpling sayur bisa menjadi pilihan. Beberapa sayuran yang bisa kamu jadikan sebagai isian dumpling adalah wortel, jamur, kol, dan daun bawang. Kamu juga bisa menambahkan isian bernutrisi lainnya seperti tahu dan udang.

Salah satu hal penting dalam membuat dumpling banyak isian adalah memastikan isian tersebut dihaluskan dengan baik. Gunakan blender atau alat penghalus makanan lainnya supaya bahan-bahan tersebut benar-benar halus. Sesuaikan juga isian yang akan kamu masukkan dengan ukuran kulit dumpling yang digunakan.

Untuk proses memasaknya, kamu dapat mengukusnya seperti dumpling oriental. Jika ingin yang berkuah, kamu bisa menambahkan sup dengan rebusan tulang sesuai yang dijelaskan sebelumnya. Sesuaikan saja metode memasak dumpling sayur ini dengan selera kamu dan orang-orang tersayang, ya.

4. Dumpling Ayam ala Korea

Kreasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dumpling ayam ala Korea. Penganan yang juga bisa menjadi jajanan kekinian ini cocok untuk menemani kegiatan santai kamu. Untuk bahan-bahan hampir mirip dengan sebelum-sebelumnya, namun yang membedakan adalah cara memasaknya.

Jadi pada dumpling ayam ala Korea ini, kamu akan memasaknya dengan cara dipanggang. Bukan sembarang panggang, tetapi ada trik yang perlu kamu lakukan dengan tepat. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan memanggang sebentar dumpling pada wajan sampai berwarna kecokelatan. Lalu tambahkan sedikit air dan masak beberapa menit, angkat begitu air menyusut.

Sajikan dumpling ayam ala Korea dengan cocolan MamaSuka Mayonais yang ditaburi biji wijen. Kalau kamu suka pedas, tambahkan juga cocolan Delisaos Saus Sambal Hot Lava Volcano yang akan menggugah selera.

Itulah beberapa ide kreasi dumpling ayam yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Gunakan selalu produk-produk terbaik MamaSuka untuk menghadirkan rasa yang lebih nikmat. Selamat mencoba!

Daesang Care