Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Resep dan Bumbu Rendang Ayam untuk Lebaran

Resep

Rendang merupakan salah satu menu yang sering hadir menemani perayaan Lebaran, selain opor ayam dan ketupat tentunya. Tapi terkadang orang ragu membuat menu satu ini karena daging sapi yang cukup mahal. Untuk mengakalinya, kamu bisa lho membuat rendang ayam yang tentunya lebih ramah di kantong.

Rendang ayam memiliki cita rasa yang kaya dan lezat, serta memiliki daya tahan yang baik. Jadi tak usah bingung saat Lebaran, kamu bisa menyajikan rendang ayam sebagai menu santapan yang lezat dan cocok di lidah orang Indonesia.

Rendang ayam sendiri merupakan variasi dari rendang, masakan khas Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Rendang ayam menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, yang dimasak dalam bumbu rendang yang kaya rempah-rempah dan santan kelapa. Rendang ayam memiliki cita rasa yang kaya, gurih, dan sedikit pedas.

Lalu bagaimana cara membuat bumbu rendang ayam supaya lezat? Temukan lengkapnya di bawah ini, ya!

Resep dan Bumbu Rendang Ayam

Proses memasak rendang ayam dimulai dengan merebus potongan ayam dalam santan kelapa yang telah diberi bumbu rendang. Bumbu rendang terdiri dari rempah-rempah seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya. 

Setelah itu, masak ayam dan bumbu secara perlahan selama beberapa jam hingga kuah menyusut serta bumbu meresap ke dalam daging ayam. Hasilnya adalah rendang ayam yang memiliki tekstur lembut dan kuah yang kental.

Namun sekarang kamu bisa membuat bumbu rendang ayam dengan lebih mudah dengan Delisaos Bumbu Pasta Rendang. Untuk lebih jelasnya, berikut bahan-bahan dan cara membuat rendang ayam untuk Lebaran.

Bahan-bahan

  • 500 gram daging ayam

  • 1 bungkus Delisaos Bumbu Pasta Rendang

  • 400 ml santan cair

  • 250 ml santan kental

  • 5 siung bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 2 cm jahe

  • 2 cm lengkuas, geprek

  • 2 lembar daun jeruk

  • 2 batang serai, geprek

  • 3 lembar daun salam

  • 10 buah cabai merah (bisa disesuaikan dengan selera)

  • 1 sdt ketumbar

  • ½ buah pala

  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Haluskan bumbu yang terdiri dari: bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, pala, ketumbar, dan cabai. 

  2. Panaskan wajan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun jeruk, serai, dan daun salam. Tumis kembali hingga bumbu rendang ayam ini matang.

  3. Tambahkan santan cair dan aduk-aduk dengan bumbu pada api yang kecil. 

  4. Biarkan hingga mendidih, lalu masukkan daging ayam. Tambahkan Delisaos Bumbu Pasta Rendang dan garam, aduk-aduk kembali hingga merata.

  5. Tambahkan santan kental, aduk-aduk pada api yang kecil agar bumbu meresap dengan rata. Masak hingga kuah berkurang dan bumbu rendang ayam mengental.

  6. Rendang ayam pun siap disajikan dan disantap dengan nasi yang hangat.

Tips Supaya Rendang Ayam Awet

Setelah membuat bumbu rendang ayam yang lezat, kamu mungkin ingin menyimpannya untuk beberapa hari ke depan. Rendang ayam memang memiliki daya tahan yang cukup baik, namun penting untuk mengetahui bagaimana cara menyimpannya agar awet. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah ini supaya rendang ayam lebih awet, ya.

  1. Pastikan rendang ayam benar-benar matang: Kamu perlu memastikan daging ayam benar-benar empuk dan bumbu rendang telah meresap dengan baik ke dalam daging. Rendang yang matang dengan baik akan memiliki daya tahan yang lebih lama.

  2. Gunakan bahan-bahan segar: Ingatlah untuk selalu menggunakan daging ayam yang segar dan bumbu-bumbu yang berkualitas. Bahan-bahan yang segar akan membantu rendang ayam tetap awet lebih lama.

  3. Simpan dalam wadah kedap udara: Setelah rendang ayam dingin, simpan dalam wadah kedap udara atau kemas dalam plastik wrap sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Hindari menyimpan rendang ayam dalam wadah terbuka, karena udara dapat mempengaruhi daya tahan rendang.

  4. Simpan di dalam kulkas: Simpan rendang ayam di dalam kulkas untuk menjaga keawetan. Pastikan suhu kulkas berada di bawah 4 derajat Celcius untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

  5. Hindari kontaminasi: Gunakan sendok atau alat bersih ketika mengambil rendang ayam dari wadah. Hindari menyentuh rendang dengan tangan secara langsung untuk menghindari kontaminasi bakteri.

  6. Panaskan kembali dengan benar: Jika ingin menghangatkan rendang ayam sebelum disajikan, pastikan untuk memanaskannya dengan benar. Panaskan rendang ayam secara merata dan pastikan mencapai suhu yang cukup tinggi untuk membunuh bakteri yang mungkin ada.

  7. Periksa kondisi rendang sebelum disantap kembali: Pastikan untuk selalu memperhatikan apakah rendang ayam masih dalam kondisi baik secara fisik. Periksa apakah tidak ada tanda-tanda kerusakan seperti perubahan warna yang mencolok, bau yang tidak sedap, atau adanya bercak-bercak atau jamur pada rendang ayam. Jika ada tanda-tanda tersebut, sebaiknya jangan mengonsumsinya.

 

Itulah resep dan bumbu rendang ayam yang bisa kamu buat untuk disajikan saat merayakan Lebaran bersama keluarga tersayang. Sajikan rendang ayam dengan lalapan seperti mentimun dan tambahkan sambal agar lebih menggugah selera. Untuk rasa yang lebih nikmat, jangan lupa untuk selalu menggunakan produk-produk terbaik dari MamaSuka, ya!

Daesang Care