Mamasuka Official

Resep Kiriman Dari

Mamasuka Official

Flag Icon

Resep Ayam Goreng Kalasan, Pas buat Kumpul Keluarga Saat Lebaran

Resep

Di momen yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan dengan keluarga seperti Lebaran, hidangan spesial tidak boleh terlewatkan. Salah satu menu yang cocok untuk dihidangkan untuk adalah ayam goreng Kalasan. Dengan cita rasa yang khas dan proses memasak yang mudah, ayam goreng Kalasan menjadi pilihan yang sempurna untuk menyenangkan seluruh anggota keluarga.

Ayam goreng Kalasan adalah salah satu hidangan khas dari Yogyakarta, yang kini sudah dikenal juga ke berbagai penjuru Indonesia. Ayam Kalasan terkenal karena cita rasanya yang gurih, manis, dan sedikit pedas. Hidangan ini biasanya menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu khas Kalasan yang terdiri dari berbagai rempah-rempah.

Ayam Kalasan biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal terasi, dan lalapan seperti mentimun dan tomat. Hidangan ini sangat populer dan sering dijadikan menu spesial untuk acara-acara tertentu atau sebagai hidangan favorit di banyak restoran. Rasanya yang unik dan menggugah selera membuat ayam goreng Kalasan menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner Indonesia.

Bedanya Ayam Kalasan dengan Ayam Goreng Lainnya

Bagi yang belum pernah mencicipi ayam Kalasan, mungkin ingin tahu apa bedanya dengan ayam goreng yang lain. Ayam Kalasan memiliki beberapa perbedaan dengan ayam goreng lainnya yang membuatnya unik dan khas, yaitu sebagai berikut.

  1. Bumbu khas: Ayam goreng Kalasan menggunakan bumbu khas Kalasan yang terbuat dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, serai, gula merah, garam, dan merica. Bumbu ini memberikan cita rasa khas yang manis, gurih, dan sedikit pedas pada ayam goreng.

  2. Rendaman bumbu: Sebelum digoreng, potongan ayam direndam dalam bumbu yang telah dihaluskan dan diberi tambahan air asam. Proses perendaman ini membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kaya dan lezat.

  3. Tekstur kulit yang kriuk: Ayam goreng Kalasan memiliki tekstur kulit yang kriuk-kriuk dan renyah. Hal ini karena ayam digoreng dalam minyak panas hingga kulitnya berwarna kecokelatan dan renyah.

  4. Aroma yang menggugah selera: Kombinasi rempah-rempah dan bumbu khas Kalasan memberikan aroma yang khas dan menggugah selera pada ayam Kalasan. Aroma ini menjadi salah satu daya tarik utama dari hidangan ini.

  5. Penyajian tradisional: Ayam goreng Kalasan biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal terasi, dan lalapan seperti mentimun dan tomat. Penyajiannya yang tradisional menambah nilai autentisitas dan kelezatan hidangan ini.

Resep Ayam Goreng Kalasan

Setelah mengetahui apa yang membuat ayam Kalasan unik dan khas, tentu kamu ingin tahu bagaimana cara membuatnya. Proses memasak ayam goreng Kalasan dimulai dengan merendam potongan ayam dalam bumbu yang telah dihaluskan dan diberi tambahan air asam. 

Setelah direndam selama beberapa waktu agar bumbu meresap, ayam kemudian digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan renyah. Proses penggorengan ini memberikan tekstur kulit ayam yang kriuk-kriuk dan beraroma sedap.

Untuk lebih jelasnya, berikut bahan-bahan dan cara membuat ayam goreng Kalasan.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian

  • Air kelapa 1 butir

  • 5 siung bawang putih

  • 5 butir kemiri, sangrai

  • 2 sdm ketumbar

  • 2 cm jahe, geprek

  • 2 cm lengkuas, geprek

  • 2 batang serai, geprek

  • 3 lembar daun salam

  • 3 lembar daun jeruk

  • 2 sdm air asam jawa

  • 2 sdm kecap manis

  • 1 sdm gula merah, sisir halus

  • MamaSuka Minyak Goreng Jagung secukupnya

  • Garam secukupnya

  • Daun selada, mentimun, dan tomat sesuai selera

Cara Membuat

  1. Haluskan bawang putih, ketumbar, dan kemiri dengan menggunakan blender atau ulekan.

  2. Panaskan MamaSuka Minyak Goreng Jagung dalam wajan dengan api sedang. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama jahe, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk. Tambahkan juga air kelapa, lalu masak hingga harum.

  3. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.

  4. Tambahkan air asam jawa, kecap manis, gula merah, dan garam. Aduk rata dan biarkan ayam meresap selama 30 menit.

  5. Setelah ayam meresap, tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam. Ungkep ayam hingga empuk dengan api kecil, lalu angkat dari wajan dan tiriskan.

  6. Panaskan MamaSuka Minyak Goreng Jagung dalam jumlah yang cukup banyak dalam wajan yang berbeda. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kulitnya berwarna kecokelatan dan kriuk-kriuk.

  7. Angkat ayam goreng kalasan dan tiriskan minyaknya. Siapkan daun selada, mentimun, dan tomat yang sudah diiris untuk lalapan. 

  8. Ayam goreng Kalasan pun siap untuk disajikan dan disantap dengan nasi putih. Agar lebih nikmat, kamu juga bisa membuat sambal sebagai pelengkap.

 

Itulah resep ayam goreng Kalasan yang bisa kamu sajikan untuk acara kumpul keluarga saat Lebaran. Kamu juga bisa menambahkan aneka lauk pauk lainnya seperti tempe dan tahu goreng. Gunakan selalu produk-produk berkualitas dari MamaSuka untuk sajian rasa yang lebih lezat, ya!

Daesang Care