Wortel sudah dikenal khasiatnya bagi kesehatan mata. Kandungan beta – karotine yang tinggi, vitamin A, B, C, D, E dan K,gula, pektin, sapargin, lemak, serat, hidrat arang, fosfor, kalsium, sodium,besi, asam amino dan minyak esensial didalamnya, sangat dibutuhkan tubuh apalagi untuk anak.

Ada manfaat lain dari wortel selain bermanfaat pada panca indra, yatu :

Obat Pereda Demam : Ambil wortel yang sudah dicuci bersih, kupas lalu parut. Hasil parutannya diberi sedikit air lalu diperas. Air wortel yang sudah diperas kemudian dimasak sampai matang dan campurkan dengan sedikit madu.

Melancarkan Pencernaan : Memberikan wortel pada bayi dalam bentuk yang sudah dihaluskan atau dikukus, dapat mencegah bayi dari asam perut yang kerap dialaminya. Wortel yang diolah mampu membuat dan melepaskan unsur kimiawi untuk membentuk lendir di sel tubuh dan kelenjar (proses sekresi) , yang bertujuanya untuk melancarkan buang air besar, sekaligus sebagai pencahar alami pada bayi.

Mencegah Diare : Selain obat pencahar, menyajikan wortel dalam bentuk sup yang relatif encer mampu mencegah diare. Karena wortel yang lembek mampu menyerap air sehingga memperlambat dehidrasi. Akan tetapi tetap jika dehindrasi masih berlanjut, segeralah menghubungi dan menemui dokter.

Melegakan pernafasan : Beta – karoten pada wortel mampu mengurangi 10% - 40% serangan asma pada anak yang menjadi perokok pasif.

Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan saat memberi wortel padabuah hati :

  • Kupas dan cuci bersih wortel sebelum diolah,masak dalam kurun waktu 10 – 15 menit agar nutrisi gizi tetap ada.
  • Berikan wortel pada balita jika sudah mencapai batas usia 6 – 7 bulan saat mulai MPASI dan berikan dalam porsi kecil serta menu yang berselang untuk mencegah kebosanan pada bayi.