Melansir dari Drg. Felicia Melati, Sp. KGA pada seminarnya Bamed Health Care baru-baru ini mengatakan, “saat berpuasa, rongga mulut akan lebih kering dari biasanya karena tidak ada makanan yang dikunyah, sehingga menyebabkan produksi saliva berkurang. Hal inilah yang menyebabkan bakteri anaerob berkembang biak dan mengganggu kesehatan mulut.” Beliau juga mengatakan bahwa 90% bau mulut terjadi karena adanya masalah dalam mulut atau kebersihan mulut yang buruk, karies, gigi bolong, karang gigi atau tambalan yang buruk.

Bagaimana mencegah bau mulut selama berpuasa, berikut langkah yang bisa kita ambil:

  • Pergi Ke Dokter Gigi

Memeriksa kondisi mulut sesaat menjelang puasa juga penting dilakukan lho untuk menurunkan resiko bau mulut. Kalau anda belum mencobanya, anda bisa lakukan sekarang untuk memeriksa secara menyeluruh agar hal yang dapat menyebabkan bau mulut bisa ditangani dengan segera.

  • Menjaga Kebersihan Mulut

Teknik menyikat gigi juga berpengaruh. Memang menyikat gigi saja tidak cukup, anda juga perlu membersihkan gigi dengan dental floss dan obat kumur agar terhindar dari bau mulut. Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah, menggunakan sikat gigi atau tongue cleaner.

  • Asupan Cairan Yang Cukup

Menjaga asupan cairan yang cukup adalah hal yang penting. Usahakan untuk mengkonsumsi 2 liter per hari yang bisa dibagi saat sebelum tidur, sahur dan buka puasa. Makan buah dan sayur yang mengandung kadar air yang tinggi juga bisa membantu lho.

Semoga berhasil ya trik menghindari bau mulut saat puasa ini, agar puasa dapat berjalan lancar.