Tips Menyimpan Sayuran di Dalam Kulkas

Kadang kesibukan mengurus anak – anak dan rutinitas pekerjaan kantor membuat kita menyiasatinya dengan belanja sayur mayur sekaligus untuk beberapa hari, yuk ma simak tips menyimpan sayuran agar tidak jadi bahan makanan yang sia-sia dan dibuang begitu saja.

*/ Menyimpan sayuran dengan kertas. Karena sayuran segar mudah busuk, sebaiknya sebelum menyimpannya di dalam kulkas, bungkus sayuran dengan kertas. Bisa menggunakan kertas tisu, kertas bekas atau kertas koran yag tidak terpakai. Untuk keras bekas gunakan sisi yang tidak terkena tinta, atau jika menggunakan kertas koran, pastikan sayuran yang dibungkus tidak telalu rapat dengan sayuran. setelah itu masukkan sayuran yang sudah terbungkus tadi kedalam plastik warna gelap. Fugsi kertas dan kantong plastik berwana gelap, adalah untuk mengurangi kelembapan dan memperlambat proses pembusukan pada sayuran.

*/Jangan mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke kulkas. Mungkin mama ingin sayuran bersih sebelum masuk kulkas sehingga tidak perlu membilasnya lagi ketika ingin memasak. Tapi hal ini justru membuat sayur cepat busuk. Sayuran yang basah membuat bakteri lebih cepat berkembang biak dan jika disimpan di dalam kulkas akan cepat busuk. Jika Mama tetap ingin sayuran sudah bersih saat masuk ke dalam kulkas, pastikan sayuran sudah dalam keadaan kering atau kadar airnya sudah benar - benar berkurang.

*/Beli sayuran hijau secukupnya. Sayuran padat seperti lobak, wortel, terong atau sejenisnya, memiliki waktu penyimpanan yang lebih lama dari pada sayuran berdaun seperti sawi, kangkung dan brokoli yang lebih mudah layu lalu menguning kemudian busuk sehingga tidak bisa digunakan. Untuk menghindari hal tersebut,sebaiknya jangan membeli terlalu banyak sayuran hijau. Jika terlanjur membeli, olah sayuran yang keadaannya lebih cepat layu dengan memperhatikan kondisi fisik dari daun di sayuran itu sendiri.

Karena semua sayuran tersimpan dalam kondisi terbungkus di dalam kulkas, sebaiknya berikan tanda atau ciri yang berbeda dari semua simpanan sayuran yang terbungkus tersebut. Atur letak penyimpanan yang disesuaikan dengan waktu saat akan digunakan untuk pengolahan. Selamat mencoba mama.