Memiliki baju bermotif sama sebagai seragam dalam keluarga memang bisa dibilang suatu hal yang seru ya Ma. Tidak hanya baju seragam dalam keluarga, setiap anggota keluarga pun punya baju kesayangan dengan motif dan model yang berbeda. Tapi apa jadinya jika baju – baju tersebut terkena noda karena aktifitas kita? Terutama pada baju anak –anak. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Simak dibawah ini ya Ma.

  • Terkena Noda Buah : Bilas pakaianyang terkena noda buah, bilas pada air mengalir hingga bagian yang melekat itu hilang dari pakaian Anda, beri sari / perasan air jeruk lemon pada air merendaman pakaian kemudian rendam selama kurang lebih 30 menit, angkat pakaian dari rendaman, bilas dengan air mengalir dan jika dirasa perlu, pakaian tersebut bisa di cuci seperti biasa
  • Noda luntur: Campur cuka kemasan dengan air panas, pada air rendaman pakaian. Campurkan hingga merata kemudian masukkan pakaian yangterkena noda luntur lalu diamkan kira-kira selama 30 menit. Setelah itu bilasdengan air bersih dan kucek seperti biasa.
  • Noda Darah Karena Menstruasi : Cara paling mudah adalah langsung membersihkan pakaian yang terkena darah dari menstruasi saat noda tersebut masih baru menempel. Bilas dibawah air mengalir agar noda bisa telepas dari serat kain. Namun jika noda tersebut masih sulit dihilangkan, gunakan campuran garam dan baking soda secukupnya hingga mengental lalu oleskan pada pakaian yangterkena noda.
  • Noda Kopi : Bilas bagian belakang pakaian yang terkena noda kopi dengan menggunakan air dingin tanpa dikucek, tujuannya agar ampas kopi yang menempel bisa turun kebawah. Setelah noda kopi hilang, oleskan detergen di atas bekas noda, diamkan selama kurang lebih 5 menit
  • Noda Lilin : Keroksecara perlahan noda lilin yang menempel hingga agak bersih. Usahakan agarserat kain tidak tipis. Setelah itu rendam pakaian ke dalam air mendidih selamabeberapa menit. Bersihkan sisa-sisa lilin yang masih menempel dengan menggunakan kertas berpori-pori seperti tissue dan gosok secara perlahan hingga noda lilin hilang sepenuhnya.