Tips Mengatur Kebutuhan Gizi Di Bulan Puasa

Perubahan pola makan selama puasa Ramadan membuat kita berpikir akan mengonsumsi makanan lebih sedikit dari pada biasanya.

Anggapan tersebut membuat kita terjebak dalam pola konsumsi yang berlebihan saat berbuka puasa. Padahal pola makan seperti ini justru bisa menimbulkan masalah baru, seperti kenaikan berat badan, gangguan pencernaan dan lain-lain.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, seorang dokter spesialis gizi klinik, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK berbagi tips pola makan, termasuk memilih makanan dan minuman agar tubuh tetap bugar dan produktivitas harian saat berpuasa tetap stabil.

  1. Hindari konsumsi kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebih.

  2. Untuk memenuhi kebutuhan energi, baiknya pilih karbohidrat kompleks dari makanan berbahan dasar gandum atau buah-buahan seperi pisang dan umbi-umbian.

  3. Untuk mencegah rasa begah sesaat setelah berbuka, hindari konsumsi gorengan dan santan secara berlebih.

  4. Pun dalam mencegah konstipasi atau sembelit, penuhi serat harian dengan mengonsumsi sayur-sayuran.

  5. Agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa, minum delapan gelas yaitu dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas saat makan malam dan dua gelas sebelum tidur.

Demikian Artikel bersumber dan dikutip dari https://www.msn.com/id-id/gayahidup/ramadanlifestyle/lima-tips-agar-tetap-bugar-dan-produktif-selama-puasa-ramadan/ar-AAxkXiI?li=BBkD5SC semoga menambah ilmu kita ya :)