Superfood Untuk Anak

Superfood adalah kata lain dari asupangizi seimbang yang dibutuhkan anak khususnya yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Karena seiring bertambahnya usia anak, kebutuhan akan gizi seimbang juga semakin dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktifitas dan kreatifitas mereka sebagai modal tumbuh kembangnya. Sasaran utama superfood adalah pemberian gizi seimbang yang fokus pada susunan makanan sehari – hari anak dengan kandungan zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai, bukan menekankan pada jumlah konsumi nasidengan sayur lauk - pauk serta susu sebagai penyempurnanya, seperti pada konsep Gizi 4 sehat 5 sempurna. Lalu apa beda superfood/gizi seimbang dengan konsep gizi 4 sehat 5 sempurna? Berikut ini beberapa alasannya.

  1.  Kebutuhan tiap orang berbeda – beda.
    

    Kebutuhan gizi tiap orang berbeda menurut golongan usia, tingkat aktifitas/kondisi tubuh. Oleh karena itu konsep gizi seimbang adalah jumlah konsumsi yang dibutuhkan dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan tiap – tiap orang.

  2. Susu bukan lagi penyempurna gizi.
    

    Kandungan gizi yang ada dalam susu terdiri atas protein, kalsium, fosfor, zat besi dan kandungan mineral lainnya, pada konsep superfood/gizi seimbang jika dalam satu menu makanan sudah mengandung asupan gizi yang nilainya sama seperti kandungan susu, maka tidak mengkonsumsi susu pun tidak jadi masalah.

  3. Perbanyak minum air mineral.
    

    Air dibutuhkan untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh. Jumlah yang cairan yang dikeluarkan oleh manusia dalam bentuk keringat, urin, serta kalori saat beraktifitas juga membutuhkan penggantian agar tubuh tidak terkena dehidrasi. Oleh karena itu dibutuhkan minimal 8 gelas per hari untuk bisa menjaganya, termasuk pada anak. Konsep inilah yang tidak ada pada konsep gizi 4 sehat 5 sempurna.

  4.  Jumlah Porsi Makanan.
    

    Dalam konsep gizi 4 sehat 5 sempurna, tidak menyertakan informasi jumlah yang harus dikonsumsi per hari. Sedangakan dalam konsep superfood/ gizi seimbang juga menjelaskan tentang asupan gizi per porsi yang dimakan setiap hari yakni asupan protein nabati 2- 3 porsi, protein hewani 2 – 3 porsi, makanan pokok 3 – 8 porsi,sayuran 3 – 5 porsi, buah 3 – 5 porsi dan minum air mineral minimal 8 gelas perhari.

Konsep superfood/ gizi seimbang hadir untuk menyempurnakan konsepyang sudah ada sebelumnya dengan penyesuaian kebutuhan dan perkembangan aktifitas khususnya bagi anak. Prinsip superfood/ gizi seimbang yaitu mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam, menerapkan pola hidup bersih, aktif, serta mengurangi masalah gizi buruk dan kelebihan gizi pada masyarakat khususnya pada anak - anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.