Pola Makan Dengan Nutrisi Yang Baik Untuk Penderita Darah Rendah

Gejala hipotensi dapat ditandai dengan pandangan kabur, konsentrasi menurun, mata berkunang-kunang, pusing, lelah hingga mual. Salah satu cara alami untuk menangani hipotensi adalah lewat diet sehat di bawah ini.

1. Perbanyak Minum Air Salah satu pemicu hipotensi adalah dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan volume darah turun sehingga tekanan darah ikut turun. Jadi, perbanyaklah minum air putih.Rekomendasi volume air sehat untuk diminum adalah 8-10 gelas atau sekitar 2 liter per hari.

2. Tambah Asupan Garam Sodium dapat menaikkan tekanan darah sehingga cocok untuk penderita hipotensi. Bila kamu kurang suka taburan garam dalam sajian, buah zaitun dan ikan asap termasuk dalam makanan tinggi sodium yang bisa kamu santap.

Guna menambah asupan garam, kamu juga bisa mengganti garam dengan kecap asin saat bersantap. Namun perlu diingat bahwa konsumsi sodium terlalu banyak dapat menyebabkan gagal jantung.

Sebelum menambahkan jumlah garam dalam menu harianmu, diskusikan cara ini terlebih dahulu dengan dokter. Rekomendasiasupan sodium harian yang sehat adalah tidak melebihi 1.500 sampai 2.300 mg.

3. Minuman Berkafein Meski hanya sementara, minuman berkafein, seperti teh dan kopi,dapat menaikkan tekanan darah. Kafein dapat memicu kerja sistem kardiovaskulardan mempercepat detak jantungmu.

Namun terlalu banyak kafein juga tidak baik untuk tubuh. Sebelumkamu meminumnya setiap hari, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12 Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia atau kurang sel darah merah. Salah satu kondisi yang dapat memicu hipotensi adalah minimnya sel dalam pembuluh darah.

Kamu bisa makan sajian tinggi vitamin B12 untuk mengantisipasinya. Vitamin ini dapat kamu jumpai dalam keju yogurt dan susu ada juga makanan laut, seperti kepiting, kerang, maupun ikan contohnya, sarden, tuna, dan salmon.

Di samping makanan laut, daging sapi, susu, daging ayam, dan telur juga dikenal memiliki kadar vitamin B12 yang tinggi.

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur Bisa juga mengkonsumsi buah dan sayur, karena mengandung nutrisi dan vitamin buah dan sayur bisa juga dijadikan sebagai makanan untuk penderita darah rendah, bisa juga di buat salad, ada beberapa buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi antara lain : Semangka, buah bit, lemon, tomat dll, untuk sayuranada : bayam, brokoli, ubi, kacang polong, kol dll.

Artikel dikutip dari https://www.okaydoc.com/artikel/makanan-untuk-penderita-darah-rendah/ semoga bermanfaat.