Setiap tanggal 14 Oktober setiap tahunnya, diperingati sebagai hari pengelihatan sedunia. Salah satu tujuan dari Hari Pengelihatan Sedunia adalah agar masyarakat dunia perduli dan berbuat sesuatu yang nyata bagi para penderita gangguan mata di lingkungan terdekat mereka. Atau minimal menjaga kesehatan mata diri sendiri dengan cara – cara yang dianjurkan antara lain :

  • Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama.
  • Konsumsilah makanan yang dapat membantuk menyehatkan mata seperti sayuran dan dan buah – buahan yang kaya beta-karoten.
  • Menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur untuk mengontrol kadar gula dalam darah yang memicu diabetes penyebab glukoma.
  • Membaca dengan jarak 25 cm di ruangan yang cukup terang.
  • Pejamkan mata selama beberapa detik setelah menatap layar elektronik seperti Hp atau laptop

Kita bisa menunjukkan kepedulian kita kepada sesama yang menderita gangguan mata dengan cara melakukan bakti sosial pemerisaan mata, atau bekerjasama dengan pihak medis untuk melakukan oprasi penanganan penyakit mata, jika memang Mama ingin menunjukkan kepedulian dalam bentuk nyata. Tahukah Mama, kebanyakan penderita gangguan mata adalah perempuan? Jadi yuk, mulai menjaga kesehatan mata baik untuk Mama sendiri maupun untuk keluarga.