Menjaga Kesehatan Agar Tetap Fit

Jarangnya melakukan aktivitas fisikmenjadi salahsatu pemicutimbulnya gangguan kesehatan padatubuh. Disamping itu, asupanmakanan yang tidak terkontrol menambah resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Lalu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap fit? Yuk simak selengkapnya di www.mamasuka.com

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit sering dicari oleh orang yang memiliki kesibukan tinggi, orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas. Oleh sebab itu penting sekali bagi orang yang aktif untuk memperhatikan kesehatannya.

Orang yang memiliki kesibukan tinggi rentan untuk terkena penyakit sebab dia akan mudah sekali capek, saat tubuh capek sistem imun melemah, saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur. Tidak hanya itu saja orang dengan kesibukan tinggi sering terkena stres dimana stres itu adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap tetap fit dan tidak mudah sakit :

  1. Menjaga Pola Makan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan menjaga pola makan, jangan pernah meninggalkan sarapan dan selalu atur jam makan anda. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.

  1. Mengkonsumsi Gizi Seimbang

Sudah tidak asing lagi tentang makanan dengan gizi seimbang, makanan dengan gizi seimbang adalah yang 4 sehat dan 5 sempurna. Semua gizi makanan ada dimakanan 4 sehat dan 5 sempurna. Memang karena faktor ekonomi banyak masyarakat yang ada di Indonesia tidak bisa melakukan pola makan seperti itu. Pola makan yang ada di Indonesia jika sudah ada sayur lauknya yang tidak ada, kalaupun keduanya ada banyak masyarakat yang tidak bisa meminum susu setiap harinya sehingga makanan 4 sehat 5 sempurna itu tidak bisa dilaksanakan.

  1. Hindari Makan Berlebihan

Ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan dari memakan makanan yang berlebihan, salah satu bahayanya adalah bisa memicu obesitas. Obesitas sendiri merupakan sumber dari berbagai macam penyakit yang serius misalnya saja adalah Serangan jantung dan juga penyakit stroke.

  1. Konsumsi Cukup Cairan

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya anda mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh anda. Ada banyak bahaya akibat kekurangancairan otak dan untuk organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan juga aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu akibatnya adalah darah menjadi kental. Organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh manusia anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam per hari. Anda jangan mengkonsumsi cairan selain air putih sebab air putih mampu menghindarkan anda dari bahaya dehidrasi. Air putih juga mampu membuat tubuh anda menjadi bugar dikarenakan aliran darah dan juga aliran oksigen keseluruh tubuh menjadi lancar. Jika aliran darah dan oksigen tidak lancar orang tersebut akan mudah lelah, lesu, lunglai dan lain sebagainya.

  1. Olahraga SecaraTeratur

Bagi orang yang belum memiliki penyakit jantung anda bisa berolahraga berat selama 30 menit dalam sehari, olahraga itu bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia. Olahraga ini juga berguna untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar secara sempurna sehingga lemak itu tetap akan menempel di pembuluh darah manusia dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, menempel di jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Oleh sebab itu olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Bagi orang yang sudah mengalami masalah jantung, untuk cara menjagakesehatan tubuh agar tetap fit bisa melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan. Durasinya tidak selama orang yang sehat dan tidak memiliki serangan jantung. Orang yang memiliki penyakit jantung bisa berolahraga selama 15 menit untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Demikian artikel bersumber dan dikutip dari https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-tubuh/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-agar-tetap-fit semoga bisa menambah pengetahuan kita.