Jika kita mendengat kata “Hipnotis” kebanyakan yang ada dibayangan kita adalah membuat orang lain berada dalam keadaan relaks kemudian tidak sadar untuk melakukan segala sesuatu. Tapi ternyata diri sendir bisa loh Ma, melakuan hipnotis atau yang disebut Hypnosis. Menurut beberapa sumber, hypnosis marupakan hal yang sering dan bahkan menjadi rutinitas sehari – hari seperti saat sedang menonton film kegemaran atau sinetron serial yang bikin penasaran. Hypnosis juga bisa digunakan jika kita dalam keadaan penat di rumah atau di kantor loh Ma. Karena salah satu tujuan hypnosis adalah mengembalikan relaksasi tubuh untuk dapat memiliki energi positif yang diperlukan untuk beraktifitas. Berikut hypnoterapi sederhana yang dapat dilakukan :

  • Berdoa: Adalah hal yang paling mudah dan sederhana. Selain memang merupakan kewajiban setiap pemeluk agama, berdoa juga mempunyai efek yang baik untuk jasmani dan rohani. Gerakan yang dilakukan saat berdoa membuat otot tubuh bergerak secara konstan. Sedangkan doa sendiri selain tujuan utamanya adalah memuji TuhanYang Maha Esa, juga merupakan komunikasi mengungkapkan isi hati kepada SangPencipta sambil memohon tuntunanNya.
  • Mendengarkan Musik : punya rutinitas yang nyaris sama setiap hari pasti membuat kita terperangkap dalam rasa penat. Cobalah sejenak untuk mengabaikan rutinitas dalam hitungan 10 – 15 menit bersantai sambil mendengarkan lagu kegemaran. Pilihlah lagu yang ringan didengar telinga dengan lirik positif, dengar dan menghayati setiap liriknya membuat kita termotivasi pada energi positif. Kegiatan seperti ini juga bisa dilakukan bersama dengan buah hati.
  • Melakukan olahraga : Punya bayak hal yang dipikirkan terkadang membuat kita bingung untuk memilih mana yang harus diselesaikan lebih dahulu. Mengikuti kegiatan olahraga bersama teman atau keluarga bisa menjadi saluran untuk melegakan hati melalui kegiatan positif. Mama pasti tau pepatah Mensana In Corpore Sano kan? Yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Nah kalau badan dan jiwa sudah sehat, pikiran juga sudah pasti demikian.
  • Menikmati teh hangat : Di Jepang ada tradisi Cha No Yu yaitu kegiatan minum teh yang dilakukan seperti upacara, dengan tahapan minum teh mulai dari menyiapkan sampai dengan cara minum teh untuk sekedar menikmati air teh yang diminum. Tujuannya adalah relaksasi sekaligus memberi rasa nyaman baik untuk diri sendiri atau pun untuk tamu yang datang sekedar berkunjung. Nah kita bisa mengadopsi kegiatan tersebut Ma, tidak harus dengan upacara yang sama, cukup duduk dengan santai, menikmati aroma dan rasa dari daun teh yang diseduh juga bisa merelaksasi diri sendiri loh.
  • Lakukan perjalanan yang sifatnya religius : Ingin punya sedikit me time tanpa rasa bersalah dengan keluarga, coba diskusikan dengan suami untuk melakukan perjalanan yang bersifat religius. Selain bisa mengajarkan anak untuk lebih memperdalam keimanan. Berziarah ke tempat – tempat rohani juga bisa menjadi alternatif untuk merefleksi diri atas apa yang berkah yang diterima sampai dengan saat ini.

Hypnosis pada dasarnya adalah mensugesti diri sendiri dengan pola pikir positif untuk bisa menghadapi semua hal juga dengan positif pula. Dan untuk para Mama, tingkat kepenatan pasti akan lebih tinggi karena semua hal yang dilakukan Mama adalah pekerjaan yang tidak akan terhenti. Baik Mama yang sepenuhnya menjadi Ibu Rumah Tangga, maupun Mama bekerja.