Mengenal Tumpeng, Mengenal Indonesia Lebih Dekat

17 agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita...

Mama pasti tau kan salah satu lagu itu, lagu yangsering dinyanyikan anak – anak di sekolah menjelang sampai dengan perayan puncak HUT Kemerdekaan kita. Nah tahun ini kita akan memperingati hari kemerdekaan yang ke 72 ni ma, gak ada salahnya kan kalo kita buat suatu hidanganyang sedikit istimewa. Atau mungkin di lingkungan rumah ada lomba 17-an yang salah satu lombanya membuat tumpeng kemerdekaan.

Yuk ma sebelum kita mengumpulkan refrensi resep untukmembuat tumpeng yang nanti akan mama gunakan untuk kegiatan lomba, kita “berkenalan” dulu dengan si- tumpeng ini ya ma.

Tumpeng adalah makanan khas Indonesia, khususnya di daerah Pulau Jawa dengan tampilan nasi yang dibentuk kerucut seperti gunung menjulang ke atas artinya sebuah ungkapan syukur atas sumber kehidupan yang diberikan Sang Pencipta kepada manusia.

Lauk pauk yang terdiri dari olahan telur, ikan, dan dagingdengan cita rasa mulai dari manis, pedas, asin mengelilingi lingkaran bentuk krucut pada tumpeng melambangkan anugrah kesuburan yang diberikan Tuhan melalui hasil bumi. Biasanya lauk pauk pada tumpeng terdiri dari 7 jenis olahan. Makna 7 dalam bahasa jawa artinya pitu merupakan kata dasar dari“pitulungan” (baca;pertolongan) yang maksud dan tujuannya adalah jika manusia hidup dan berpasrah pada Tuhan, pertolongan akan selalu datang tepat waktu.

Sedangkan kacang panjang yang diuntai seperti pagar mengelilingi sajian lauk pauk melambangkan persatuan yang terjalin semakin baik jika semua orang mau saling bergandengan tangan seperti untaian kacang panjang.

Ada banyak makna positif dari sajian tumpeng, dan itulah alasannya tumpeng selalu ada pada perayaan syukuran. Mulai dari warna – warni yang alami serta lauk – pauknya yang beragam mewakili seluruh cita rasa (asin, manis, gurih dll) seolah menggugah selera, warna nasi juga ada beberapa, mulai dari hanya kuning keseluruhan, sampai warna merah – putih yang terdiri dari beras merah dan beras putih yang pas digunakan pada perayan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Filosofi tumpeng bisa dibilang sebagai perwakilan Indonesia dalam bentuk sajian makanan,

Dirgahayu Indonesia ke -72 semoga alam Indonesia semakin lebih baik, menghasilkan hasil bumi yang berlimpah untuk membuat generasi Indoesia semakin diakui dunia.