Mencegah Kanker Sejak Dini

Mencegah kanker Sejak Dini

Hai Ma, Kanker saat menjadi penyakit yang sangat menakutkan dan masuk dalam kategori penyakit yang paling mematikan, apa dan bagaimana cara mama mengetahui pencegahan Kanker sejak dini, yuk simak artikelnya di www.mamasuka.com .

Cara Alami Mencegah Kanker Sejak Dini

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa“ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

Sudah tahu bukan bagaimana ganasnya penyakit kanker ini? Sebenarnya penyakit kanker ini masih bisa di obati dan dalam beberapa kasus banyak pasien yang bisa sembuh, akan tetapi masing tergolong sedikit, karena biasanyan kanker akan datang kembali. Maka dari itu lebih baik mencegah kanker sejak dini, dari pada sudah terlanjur terkena akan sulit untuk diobati. Seperti ungkapan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Untuk mencegah kanker diperlukan pengetahuan yang luas, dan disiplin dalam menjaga kualitas hidup kita. Berikut ini beberapa cara mencegah kanker.

Memeriksa resiko karena keturunan

Salah satu penyebabnya kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.

Hindari makanan yang dibakar atau diasap

Usahakan untuk menghindari makanan yang di bakar atau di asap, karena makanan seperti itu beresiko terkena penyakit kanker. Contohnya seperti ikan asap atau ayam bakar.

Menjauhi alkohol

Alkohol sebenarnya dapatkan dijadikan obat untuk tubuh, akan tetapi pada kenyataanya dikehidupan sehari-hari alkohol dikonsumsi seperti air putih dan berlebihan. Hal itulah yang membuat anda akan beresiko terkena kanker. Hindari dan jauhi minuman alkohol jika anda tidak ingin terkena kanker.

Menghindari kebiasaanmerokok

Kebiasaan merokok juga sangat tidak baik pada kesehatan, tidak hanya beresiko terkena kanker, akan tetapi banyak penyakit yang akan alami jika merokok, seperti impotensi, penyakit jantung, bronkitis dan gangguan janin. Jika anda mau mencegah kanker,menghindari kebiasaan merokok merupakan langkah yang tepat.

Menghindari makanan berlemak

Lemak memang diperlukan oleh tubuh, akan tetapi jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya lemak akan menumpuk dan memicu terjadinya kanker pada tubuh anda. Lebih baik hindari makanan berlemak, apalagi lemak tinggi.

Makan makanan kaya serat dan Antioksidan

Makanan yang kaya akan serat dan antioksidan sangat baik dalam mencegah kanker, hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti. Karena antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk mencegah kanker.

Rutin olahraga

Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Karena lemak akan terbakar dalam proses olahraga, dan daya tahan tubuh anda menjadi lebih kuat. Olahraga yang paling gampang untuk mencegah kanker itu seperti lari pagi, jalan santai, maupun ngegym.

Konsumsi vitamin A,C dan E

Dengan mengkonsumsi vitamin A,C dan E sangat baik untuk mencegah kanker, selain fungsi sebagai vitamin untuk menambah daya tahan tubuh, vitamin ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah resiko terjadinya kanker.

Mengkonsumsi Teh Hijau

Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara berkala bisa mencega resiko kanker.

Itulah beberapa cara mencegah kanker dan pastinya dengan cara alami. Akan tetapi jika anda ingin mendapatkan cara yang lebih efisien dan profesional mungkin anda harus menanyakan kepada dokter spesialis kanker, karena pendapat dokter akan lebih profesional dan dapat dipertanggung jawabkan.

Demikian penjelasan yang dapat disajikan dimana tulisan ini dikutip dari http://www.duniainformasikesehatan.com semoga tips ini bermanfaat ya Ma