Udang kaya akan kandungan protein vitamin A, B6, B12, C, dan E, Kalsium serta sumber mineral tetapi rendah energi. Mengolah udang sebaiknya dilakukan pada saat udang tersebut masih dalam keadaan segar agar kandungan gizi dan teksturnya tidak rusak. Berikut ini cara memilih udang segar yang baik untuk diolah :

  • Perhatikan kepala, kulit, dan daging. Jika Mama membeli udang di pasar tradisional, pastikan udang tersebut masih memiliki kepala yang masih utuh (tidak pecah) yang isi kepalanya tidak keluar.
  • Kulit masih terasa kesat bila diraba, serta tidak berlendir, terlihat berkilat dan tidak ada cacat seperti kulit yang sudah terkelupas.
  • Daging pada udang segar terasa kenyal.
  • Beraroma seperti ikan segar dan tidak berbau busuk.

Jika Mama ingin membeli udang segar namun tidak ingin segeramengolahnya, sebaiknya udang segar yang sudah dibeli tersebut dicuci bersih terlebih dahulu sebelum masuk ke lembari pendinginan. Sedangkan untuk mengupas udang untuk diolah, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

  • Rendamlah udang dengan air hangat hingga kulit udang berubah menjadi merah, angkat pindahkan ke air dengan suhu ruangan.
  • Sayat punggung udang, dan keluarkan kotoran yang berbentuk seperti benang.
  • Lepaskanlah bagian kepala udang mulai dari badannya, kemudian mulai kupas bagian kulit tubuhnya dari arah panggal kepala udang.
  • Bagian ekor udang bisa mudah ditarik setelah kulit badan udang terlepas.

Bagian udang yang sudah terlepas sebaiknya jangan langsung begitu saja dibuang, Ma. Karena bagian tersebut, masih memiliki kandungan gizi diantaranya zat kithin yang berguna untuk mencegah penyakit typus. Omega 3 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak pada anak usia tumbuh kembang dan mencegah depresi pada orang dewasa.

Cara mengolah kulit udang adalah dengan membuatnya menjadi kaldu yaitu dengan merebus bagian udang tersebut hingga airnya mendidih. Jika ingin menambahkan sensari rasa pada kaldu, cukup tambahkan bawang putih yang digeprek, seledri, daun bawang, bawang putih, bawang putih, serta garam sesuai selera.