Kemiri tidak hanya digunakan sebagai bumbu pelengkap pada makanan yang akan diolah loh Ma, Minyak esensial dari kemiri, berguna juga untuk merawat rambut dan merangsang tumbuhnya rambut pada anak. Ada tiga cara mudah membuat minyak kemiri yaitu Perasan, Sangrai, dan Bakar.

Metode Perasan Haluskan kemiri dengan menggunakan blender sambil menambahkan air sedikit demi sedikit hingga mengental lalu peras hingga air perasan bening. Masukkan air perasan kedalam wadah tertutup dan diamkan selama satu hari. Setelah didiamkan, panaskan air yang sudah menjadi santan tersebut hingga keluar minyak, pisahkan ampas dan minyak pada wadah. Minyak siap digunakan.

Metode Bakar Bakar biji kemiri secukupnya hingga gosong, kemudian haluskan dengan blender hingga minyak keluar. Lalu pisahkan ampas dengan minyak.

Metode Sangrai Sangrai biji kemiri hingga matang lalu dinginkan. Haluskan kemiri dengan menggunakan blender, kemudian setelah halus, campurkan sedikit air dan peras dengan menggunakan kain hingga minyak keluar dan simpan di wadah yang tertutup

Minyak kemiri mengandung Asam Stearat yang berfungsi menghilangkan ketombe dan merawat rambut dari kerontokan. Kandungan miristat pada kemiri juga berfungsi merangsang tumbuhnya rambut khususnya pada anak – anak serta masalah kulit kepala pada orang dewasa. Kemiri sendiri jika menjadi bahan campuran bumbu masakan, mengandung banyak nutrisi diantaranya folat, fitosterol dan vitamin yang dapat merusak dan menghambat pembentukan kolesterol dalam tubuh.