Memaknai Tahun Baru Islam

Tahun baru Islam adalah pergantian tahun dalam Islam menggunakan perhitungan bulan. Tahun baru Islam dihitung sejak NabiMuhammad Saw hijrah dari Mekah menuju Madinah sehingga penanggalan dalam Islam dinamakan Hijriah. Berbeda dengan penanggalan nasional dan dunia pada umumnya menggunakan perhitungan Masehi dengan sistem matahari dan dimulai pada zaman Nabi Isa As.

Sejarah tahun baru Islam, berawal dari kebimbangan umat Islam saat menentukan tahun. Hal ini, tidak lepas dari fakta sejarah pada zaman sebelum Nabi Muhammad, orang-orang Arab tidak menggunakan tahun dalam menandai apa saja, tetapi hanya menggunakan hari dan bulan sehingga membingungkan. Berawal dari sini, pada sahabat berkumpul untuk menentukan kalender Islam, salah satu di antaranya yang hadir adalah Utsman bin Affan, Ali Bin Abi Thalib,dan Thalhan bin Ubaidillah. Mereka ada yang mengusulkan kalender Islam berdasarkan hari kelahiran Nabi Muhammad, ada yang mengusulkan sejak Nabi Muhammad diangkat sebagai rasul.

Namun, usul yang diterima adalah usulan dari Ali Bin Abi Thalib di mana beliau mengusulkan agar kalender hijriah Islam dimulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekah dan Madinah. Dari usul Ali inilah sejarah kalender Islam pertama kali dibuat dan sejarah tahun baru Islam pada mulanya ada.

Arti tahun baru Islam

Arti tahunbaru Islam pada masing-masing orang tentu berbeda. Tapi, secara global arti tahun baru Islam diharapkan bisa memberikan angin baru bagi segenap umat Muslim untuk berbuat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Contohnya, bagi orang Jawa, tahun baru Islam bersamaan dengan malam Satu Suro yang disambut dengan berbagai perayaan tirakat, begadang sampai pagi, dzikir,dan hal-hal yang dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Makassar juga memiliki tradisi unik menyambut tahun baru Islam. Salah satunya yaitu membeli peralatan rumah tangga di toko-toko, tak ayal toko peralatan rumahtangga pun mendadak ramai dikunjungi pada 10 hari pertama di bulan Muharram. Kebanyakan barang yang di beli merupakan barang-barang yang berfungsi untuk menampung seperti gelas, mangkok, gayung,baskom, ember, dan lain-lain. Harapannya agar mendapatkan berkah dan memperolehrejeki yang lebih banyak di tahun yang baru.

Arti tahun baru Islam pada masing-masing orang tentu berbeda, namun bagi segenap umat Muslim pasti punya harapan untuk berbuat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.