Melatih tanggung jawab pada anak dapat dilakukan dengan cara sederhana sesuai dengan batasan usia dan kemampuan mereka yang dilakukan sehari– hari di rumah. Yuk simak hal apa saja yang bisa dilakukan untuk melatih rasa tanggung jawab pada anak.

  • Mencuci Pakaian : Saat kita akan mencuci pakaian, biasanya kita akan memisahkan pakaian sesuai dengan warna putih dan pakaian berwarna lainnya sebelum di cuci. Sebelum merendam pakaian, atau melipat pakaian yang sudah diangkat dari jemuran. Kegiatan seperti ini secara tidak langsung mengajarkan mereka bahwa pakaian yang sudah dipakai harus dibersihkan, dan dirapihkan sebelum digunakan kembali.
  • Makan : Membiasakan anak menyiapkan makan dipiring makannya sendiri dan memberi pengertian untuk menghabiskannya selain mengajak anak untuk punya rasa tanggung jawab, anak juga dapat mulai terbiasa menakar kemampuan diri sendiri untuk makan dan menghabiskannya.
  • Kegiatan bersama seluruh keluarga : Gunakan saat akhir pekan bersama keluarga untuk membersihkan mebel rumah, jendela dan jika memungkinkan merubah sedikit tata letak barang – barang yang ada di rumah. Libatkan anak untuk membantu hal – hal yang memang bisa mereka lakukan.

Semua hal yang dilakukan bisa dijadikan bahan untukmengajarkan anak mempunyai rasa tanggung jawab. Mengerjakan hal yang dilakukan dari awal hingga tuntas adalah salah satu tujuan akhirnya. Satu hal yang pasti adalah bahwa rasa tanggung jawab adalah salah satu karakter diri yang akan terus terbawa hingga dewasa.