Manfaat Menarik Nafas Panjang Untuk Kesehatan

Apa manfaat melakukanlatihan pernapasan? Ternyata, menarik dan menghembuskan napas secara dalam dan panjang dapat meningkatkan volume udara yang masuk dan keluar paru paru sehingga oksigen yang diserap darah bisa lebih banyak daripada biasanya. Ingin tahu lebih lengkapnya untuk kesehatan yuk simak artikelnya di www.mamasuka.com

Dalam kehidupan sehari-hari umumnya manusia hanya menggunakan 30% kapasitas paru-parunya untuk bernafas. Kebanyakan orang bernafas dengan tarikan dan hembusan nafas pendek kurang lebih sebanyak 14-16 kali permenit, sehingga oxygen yang dihirup dari udara tidak optimal.

Bernafas dengan tarikan yang pendek menyebabkan oxygen yang bisa diserap tubuh dari paru-paru tidak optimal. Sehingga adakalanya terjadi kekurangan oxygen pada tubuh yang menyebabkan rasa lelah, letih, lesu, dan capek berkepanjangan.

Setiap saat tubuh kita terdapat proses pergantian sel yang terus menerus, dimana sel sel yang mati dibuang melalui keringat, air seni maupun kotoran lainnya. Selanjutnya muncul sel baru menggantikan sel yang mati tersebut, bahan baku utama untuk membentuk sel yang baru itu adalah oxygen. Jika oxygen yang tersedia didalam tubuh tidak mencukupi maka sel yang tumbuh menggantikan sel yang sudah mati itu pun kondisinya tidak prima. Sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang berbagai penyakit.

Pernahkah anda menghadapi situasi dimana anda diisyaratkan untuk menarik nafas dengan dalam dan panjang? Hal ini biasanya terjadi ketika anda dalam keadaan gugup atau juga ketika anda sedang berolahraga. Menarik dan menghembusakan nafas dengan dalam dan panjang amat bermanfaat bagi kesehatan. Antaralain :

1. Meredakan Stres

Menarik nafas dalam-dalam merupakan salah satu hal yang terbaik untuk meringankan rasa stres, sehingga fikiran kembali focus dan jernih. Ketika menarik nafas dengan dalam, anda mengirimkan sinyal kepada otak untuk tenang dan rileks. Kemudian otak meneruskan sinyal tersebut ketubuh, sehingga anda rileks kembali.

2. Mengurangi Rasa Cemas

Rasa cemas dapat berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan penyakit. Latihan nafas mendalam dapat membantu membersihkan setiap “sumbatan” dalam fikiran, sehingga membantu anda kembali fokus.

3. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Menarik nafas dengan dalam dan teratur dapat meningkatkan volume oxygen didalam darah. Butir butir darah merah yang kaya oxygen akan mengalir memenuhi kebutuhan oxygen diseluruh tubuh sampai kepembulu darah terkecil. Badan akan terasa lebih nyaman dan segar.

4. Membantu Detoksifikasi

Ketika kita menarik nafas dengan dalam, dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga membersihkan sistem tubuh anda.

5. Menurunkan Tensi Darah

Menurut penelitian yang terbit di jurnal TheLancet, pasien jantung yang mengambil nafas pendek sebanyak 12-14 hembusan permenit(enam hembusan nafas permenit sudah dianggap optimal) lebih cenderung memiliki kadar oxygen rendah, yang dapat merusak otot rangka dan fungsi metabilosme, sehingga menyebabkan atrofiotot (penurunan massa otot). Rutin menarik nafas dengan dalam telah terbukti menurunkan tekanan darah.

6. Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Dengan menarik nafas dalam-dalam, tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin. Ini adalah sejenis zat yang memberikan rasa nyaman dan juga merupakan pereda rasa sakit alami. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa menarik nafas dalam-dalam memberikan manfaat bagi penderita asma.

7. Membantu Memperbaiki Kesehatan Fisik Dan Mental

Bernafas dalam-dalam dapat meningkatkan kadar oxygen dalam darah, meningkatkan kesehatan dalam berbagaicara, memperlambat detak jantung anda, memperbaiki sirkulasi, menurunkan tekanan darah,danmembantupencernaan, sehingga pada akhirnya membantu meningkatkan kinerja mental dan energi.

  1. Relaksasi perut

Penelitian telah menunjukan dengan menarik nafas dengan dalam dapat merelaksasikan perut dan membantu perut anda untuk bergerak dengan tepat.

  1. Mengurangi Rasa Gugup

Terkadang rasa gugup dapat membuat seseorang sulit untuk berbicara, ketika hal itu terjadi, cobalah untukmenutup mata sambil menarik nafas dengan dalam selama satu atau dua menit.

  1. Menurunkan Amarah

Saatmarah, tubuh akan merasa tertekan, dengan bernafas secara dalam bisa menurunkan emosi dan tekanan yang muncul.

Demikianlah beberapa manfaat menarik nafas dengan dalam dan panjang bagi kesehatan tubuh, artikel dikutip dan bersumber darihttp://lampung.bnn.go.id/wp/2016/12/05/manfaat-menarik-napas-panjang-bagi-kesehatan/