Tahukah Mama? bahwa selain nikmat untuk diminum bersama camilan, teh juga memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, vitamin A yang mengandung betakaroten dan berfungsi sebagai antioksidan, vitamin E yang bergina untuk kesehatan kulit, serta vitamin C sebagai penunjang daya tahan tubuh.

Tapi setelah diminum, jangan langsung buang ampas teh ya Ma. Karena biarpun sudah terlarut dalam air, ampas teh juga masih bisa digunakan kembali. Diantaranya sebagai berikut :

  • Menghilangkan jerawat dengan cara membasahi ampas teh dengan sedikit air, gosok area wajah dengan lembut dan perlahan selama beberapa menit. Tapi jangan digunakan jika terdapat nanah pada jerawat.
  • Mencerahkan wajah. Basuh wajah dengan air teh yang telah didiamkan semalaman tanpa campuran gula. Airnya digunakan untuk membilas, sedangkan ampasnya berfungsi sebagai scrub wajah yang digosokkan pada wajah selama 2 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk. Cara ini berguna untuk terhindar dari bakteri penyebab jerawat, sekaligus membuang sel kulit mati dan menghaluskan kulit.
  • Sebagai alat relaksasi mata. Tempelkan kantung teh celup yang sudah digunakan di atas kelopak mata, lakukan sebelum tidur pada malam hari. Lakukan rutin agar lingkaran hitam di daerah sekitar mata berkurang dan hilang.
  • Membantu memulihkan kulit yang terbakar matahari. Dinginkan ampas kantung teh dengan rendaman es, tunggu beberapa saat lalu kompreskan ampas teh tersebut pada kulit yang terbakar. Cara ini dapat mengurangi rasa perih secara perlahan.

Mudah dicoba dan banyak manfaatnya kan Ma? Bisa loh segera dipraktekkan, selamat mencoba ya Ma.