Jika selama ini kita menggunakan beras untuk diolah menjadi nasi sebagai makanan pokok, ternyata air cucian beras juga memiliki manfaat loh Ma. Kalau kita bisa memanfaatkan sesuatu yang baik dari alam, kenapa kita harus membuangnya begitu saja? Yuk kita simak Ma, kegunaan air cucian beras.

  • Sebagai pengganti ASI. Dikenal dengan sebutan air tajin. Yaitu airdari aronan beras (beras yang direbus). Caranya dengan menyisihkan air cucian beras, kemudian direbus hingga mendidih lalu diberi sedikit garam. Selain pengganti ASI, air tajin tersebut juga berguna untukmengatasi sembelit pada bayi. Kandungan Glukosa yang berguna untuk mempermudah penyerapan elektrolit, Poliglukosa yang berguna untuk memadatkan feses, magnesium, kalsium dan protein dengan kandungan 7 – 10%.
  • Kesehatan rambut. Kandungan inositol dan asam amino pada air beras, mampu melembuatkan, memberi kilau dan volume pada rambut serta memperkuat akarnya. Caranya dengan mengusap air cucian beras ke seluruh kepala dan rambut, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  • Merawat kulit. Kandungan Oryzanol pada air beras membantu mengembalikan warna kulit yang menghitam akibat berjemur atau sengatan matahari langsung. Caranya rendam air cucian beras selama kurang lebih 30 menit lalu oleskan dengan menggunakan kapas atau dapat disiram langsung pada kulit secara merata.