Makna Bagi Bagi Angpao Saat Imlek

Makna Bagi Bagi Angpao Saat Imlek

Memberikan Angpao merupakan suatu tradisi dan budaya. Tapi apa si makna dari bagi bagi angpao? Yuk simak selengkapnya di www.mamasuka.com

Memberikan Angpao kepada generasi yang belum menikah merupakan suatu tradisi dan budaya Masyarakat Tionghoa saat merayakan Tahun baru Imlek. Angpao (Hanzi) adalah amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Sejak lama, warna merah melambangkan kebaikan dan kesejahteraan di dalam kebudayaan Tionghoa. Warna merah menunjukkan kegembiraan, semangat yang pada akhirnya akan membawa yang nasib baik bagi penerimanya.

Namun, makna angpao sebenarnya bukan hanya sekedar perayaan tahun baru Imlek semata karena angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, sehingga angpao juga ada di dalam beberapa perhelatan penting seperti pesta pernikahan, hari ulang tahun, syukuran naik rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita.

Harapan dari pemberian Angpao adalah agar si penerima Angpao bisa mendapatkan keberuntungan dan nasib baik sepanjang Tahun Baru ini. Nilai Uang yang di dalam Angpao hanyalah untuk menyenangkan si penerima Angpao, yang benar-benar memiliki arti adalah amplop (kantong) merahnya. Jadi membuka Angpao di depan pemberi Angpao adalah perilaku yang tidak sopan.

Angpao pada tahun baru Imlek sendiri mempunyai istilah khusus yaitu “Ya Sui“, yang artinya hadiah yang diberikan untuk anak-anak berkaitan dengan pertambahan umur/pergantian tahun. Di zaman dulu, hadiah ini biasanya berupa manisan dan makanan. Membagi angpao itu sendiri maksudnya untuk memberi berkah, doa, supaya hidupnya berkah dan lancar.

Demikian penjelasan yang dapat disajikan dimana tulisan ini bersumber dari http://www.tionghoa.info/tradisi-memberikan-angpao/ dan http://dinaviriya.com/makna-pemberian-angpao-di-tahun-baru-imlek/ . Semoga menjadi lebih tahu ya Ma