Berpergian dengan buah hati yang masih bayi pasti berbeda dengan berpergian dengan buah hati yang sudah masuk ke usia kanak – kanak yang sudah menginjak usia 5 tahun, dimana si buah hati sudah bisa diajarkan untuk bertanggung jawab dan mandiri. Tidak bisa dipungkiripula bahwa membawa keperluan bayi saat berpergian serasa membawa satu lemari khusus untuk si buah hati, tapi jika itu bisa jadi salah satu cara untukmencegah buah hati terserang penyakit kenapa kita harus malas Ma? Lalu apa saja yang harus dibawa? Simak beberapa diantaranya ya Ma :

  • Baju ganti. Seperti halnya orang dewasa yang aktif, bayi yang aktif juga pasti membutuhkan pakaian bersih dan kering sebagai baju ganti. Bawalah sekitar 2 – 3 stel baju ganti mulai dari kaos dalam sampai baju luar serta beberapa popok kering. Membawa baju ganti untuk bayi menghindarkan buah hati dari ruam karena popoknya basah, biang keringat atau masuk angin karena baju yang basah dan kering di badan. Jangan lupa juga masukan beberapa celana panjang atau kaos kaki sebagai antisipasi jika diperlukan.
  • Jaket. Untuk berpergian dengan jarak yang relatif dekat, tidak ada salahnya memakaikan jaket pada buah hati. Selain menghindari bayi dari hembusan angin, jaket juga bisa digunakan menyaring debu jika beradadi ruang terbuka umum dan panas matahari langsung.
  • Peralatan Mandi. Berkunjung ke rumah keluarga atau teman dekat kadang menjadi pilihan Mama saat sedang bosan di rumah, atau sekedar bersilahturahmi. Jarak rumah yang tidak terlalu dekat, terkadang menjadi alasan kita lupa/merasa tidak perlu membawa peralatan mandi seperti sabun, bedak, handuk dan minyak gosok bayi. Padahal meskipun tidak terlalu penting, peralatan mandi itu dibutuhkan juga. Karena belum tentu peralatan mandi yang kita perlukan dan digunakan buah hati kita cocok dengan peralatan mandi di tempat tersebut. Peralatan mandi juga diperlukan saat menyeka badan bayi kalau tissue basah dirasa kurang cukup untuk membersihkan badan. Karena bagaimanapun pemakaian tissue basah, hanya anak meninggalkan lengket pada kulit. Minyak gosok selain sebagai penghangat badan berguna juga saat bayi gatal terkena gigitan serangga.
  • Tissue basah & tissue kering. Seperti kegunaan tissue pada umumnya,membawa tissue berjenis basah dan kering dalam perlengkapan bayi juga tidak ada salahnya. Menggunakan tissue jauh lebih praktis dari pada harus ke kamar mandi atau tempat cuci tangan.
  • Persediaan makanan. Membawa persediaan makan saat bayi dalam tahap MPASI, beserta peralatan yang dibutuhkan akan membuat bayi tetap pada jam makannya.