Melihat bentuk si labu parang, pasti kita langsung teringatpada perayaan halloween atau cerita kereta kencana milik Cinderella. Dibalik itu semua, labu parang ternyata juga memiliki kandungan gizi dan manfaat untuk tubuh loh Ma. Diantaranya :

  • Menurunkan Gula Darah : Kandungan flavonoid dapat melakukan regenerasi sel beta - pankreas yang rusak, sehingga proses pembentukan insulin dapat kembali optimal.
  • Mengoptimalkan Kesehatan Mata dan Kulit : Kandungan beta - karoten bermanfaat sebagai anti –oksidan yang dapat mengurangi resiko kanker dan serangan jantung. Sedangkan kandungan 426 gram vitamin A di dialamnya, sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.
  • Melindungi Lambung : Kandungan pectinnya mampu melindungi lambung dari makanan yang tidak halus dikunyah oleh gigi serta meningkatkan sekresi empedu, gerak peristaltik (gerak menggiling) pada lambung,sehingga proses pencernaan dapat dilakukan dengan baik serta mencegah sembelit.
  • · Sahabat Jantung: Vitamin B1 dibutuhkan oleh jantung agar sehat dan kuat dalam memompa darah. Bagi penderita lemah jantung, mengkonsumsi labu kuning setiap hari sangat dianjurkan karena merupakan alternatif vitamin B1 selain vitamin berbentuk kapsul.
  • · Penunjang Kelancaran Metabolisme Pada Tubuh Bayi : Kandungan kalium dan serat sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang metabolisme serta menjaga keseimbangan elektrolit yang ada dalam tubuh.
  • · Variasi Menu MPASI : kandungan gizi yang tinggi dan lengkap, serta tekstur buahnya yang tinggi serat dapat menjadi pilihan menu MPASI.

Perlu diingat juga Ma, labu parang sama dengan wortel yang mempunyai tingkat beta - karoten yang tinggi, maka sebaiknya jika ingin diberikanpada bayi, sebaiknya dilakukan pengaturan menu dengan jeda yang akan panjang. Karena jika dikonsumsi berlebihan, kemungkinan akan menyebabkan kulit anak menjadi kuning.