Puasa banyak manfaat dan menyehatkan juga lho. Tidak hanya untuk tubuh saja, tapi juga buat jiwa dan pikiran kita. Dengan menjalankan puasa secara benar, tetap mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang saat sahur dan berbuka, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi, dan tetap melakukan olahraga ringan dapat membuat puasa kita lebih lancar.

Keuntungan Puasa adalah:

  • Baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Kalau tubuh kita masih dipenuhi racun, maka sistem imun tubuh tidak bisa bekerja secara optimal. Ada hormon yang diproduksi saat puasa dan sahur, yang disebut dengan hormon adiponektin. Hormon ini fungsinya adalah membantu meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga metabolisme tubuh meningkat.

  • Menjaga kesehatan jantung

Puasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Ada juga penelitian yang menemukan bahwa orang-orang yang berpuasa mengalami peningkatan hormon pertumbuhan yang dapat melindungi massa otot dan merangsang tubuh untuk membakar lemak lebih banyak.

  • Menjaga kadar gula darah tetap normal

Karena tubuh akan menggunakan glukosa yang tersimpan sebagai sumber energi utama saat berpuasa, makanya puasa dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat membantu orang-orang yang memiliki kadar glukosa tinggi.