Kandungan Nutrisi Dalam Telur

Kandungan Nutrisi Dalam Telur

Sudah bukan hal yang baru kalau telur memiliki banyak nutrisi. Hmmm tapi bagi Mama yang ingin lebih tahu apa saja kandungan Nutrisi dalam telur yuk simak selengkapnya di www.mamasuka.com

Telur harus dianggap sebagai makanan super karena dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi obesitas. Para ahli gizi mengatakan bahwa telur adalah salah satu makanan paling padat nutrisi. Kandungan nutrisi telur utuh mengandung lebih dari 90% kalsium dan zat besi pada kuning telurnya dan satu telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial. Jika Anda masih meragukan tentang manfaat telur bagi kesehatan, berikut ini adalah 5 alasan mengapa Anda harus makan telur:

  1. Memperoleh vitamin. Satu telur kecil mengandung beberapa vitamin yang penting yaitu:

Vitamin B2 yang membantu tubuh Anda memecah makanan menjadi energi;Vitamin B12 yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah;Vitamin A yang sangat bagus untuk penglihatan;Vitamin D alami yang membuat tulang , gigi tetap kuat dan sehatVitamin E yang bertempur melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel dan dapat menyebabkan kanker.Vitamin A dan B12 juga penting untuk pertumbuhan jadi pastikan anak-anak Anda makan Telur ayam secara teratur.

  1. Mengurangi berat badan. Tahukah Anda bahwa makan telur dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Ini mungkin merupakan berita yang mengejutkan bagi mereka yang menganggap bahwa telur adalah makanan yang bisa menggemukkan atau tidak sehat. Tetapi, sebuah penelitian di Rochester Center For Obesity Research menemukan bahwa makan telur saat sarapan membantu membatasi asupan kalori sepanjang hari lebih dari 400 kalori. Itu berarti Anda mampu menghilangkan tiga kilogram lebih per bulan.

  2. Mendapatkan mineral esensial. Kandungan nutrisi telur dikemas dengan zat besi, zinc dan mineral fosfor yang penting bagi tubuh. Wanita membutuhkan banyak zat besi akibat mengalami menstruasi. Zinc menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Fosfor sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Sebagai tambahan bonus, dalam kandungan nutrisi telur ada beberapa unsur mineral dalam jumlah kecil yang Anda butuhkan seperti yodium yang diperlukan untuk membuat hormon tiroid, selenium dan antioksidan yang membantu mengurangi resiko kanker.

  3. Manjakan diri dengan protein rendah kalori. Satu buah telur mengandung 70 – 85 kalori dan sekitar 6.5 gram protein. Ini berarti tiga buah telur menyediakan 19.5 gram protein. Rata-rata wanita membutuhkan sekitar 50 gram per hari. Kebutuhan protein sebenarnya tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan jumlah protein yang sesuai.

  4. Telur mencegah berbagai jenis kanker terutama kanker payudara. Penelitian oleh Universitas Harvard pada tahun 2003 menemukan bahwa mengkonsumsi telur membantu mencegah kanker payudara. Pada tahun 2005, penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya enam butir telur per minggu memiliki resiko 44% lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi lebih sedikit telur setiap minggu. Pada bulan April 2008, peneliti dari University of North Carolina menemukan bahwa kolin (yang ada dalam kuning telur) dapat mengurangi resiko kanker payudara sebesar 24%. Satu kuning telur utuh mengandung 125.5 miligram kolin atau sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan

Artikel bersumber: https://pulauherbal.com/jurnal/369-kandungan-nutrisi-dalam-telur.html. semoga bermanfaat buat kita ya Ma