Kandungan Gizi Pada Buah Kiwi

Kandungan gizi buah kiwi

Kiwi merupakan buah yang kaya dengan nutrisi, ingin tahu apa saja yang terkandung nutrisi pada buah kiwi ? Yuk simak selengkapnya di www.mamasuka.com

Di Indonesia sendiri, kiwi harus didatangkan dari negara lain sehingga harganya termasuk mahal dan seringkali dianggap sebagai buah mewah. Namun, tingginya harga kiwi ternyata sebanding dengan manfaat yang dimilikinya. Kiwi mengandung vitamin dan antioksidan berlimpah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan Vitamin C, lebih dari 150% kebutuhan per hari. Kiwi pun termasuk sumber vitamin K, E, dan serat pangan yang baik. Vitamin A, beta karoten, lutein, zeaxanthin serta vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, niacin, dan tiamin juga ditemukan dalam kiwi meski jumlahnya tidak sebanyak vitamin C, K dan E.

Bagian daging buah dan kulit kiwi mengandung flavonoid dan aktinidain, sedangkan bijinya dilengkapi dengan asam alfa linolenat dan omega-3. Kiwi juga memiliki berbagai mineral dan elektrolit seperti potasium, tembaga, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, zat besi, dan seng.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

- Sumber antioksidan Kiwi menawarkan vitamin C dalam jumlah tinggi bersama dengan senyawa polifenol dan karotenoid lain yang berfungsi sebagai antioksidan. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kiwi memiliki kualitas antioksidan yang lebih kuat daripada jeruk dan grapefruit. Berlimpahnya senyawa fitokimia dalam kiwi membuatnya mampu melindungi DNA dalam sel dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

- Meningkatkan daya tahan tubuh Konsumsi kiwi secara teratur dapat membantu memerangi infeksi dan kuman penyebab penyakit berkat sifat anti mikroba dan anti funginya. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kiwi dapat menahan serangan berbagai patogen termasuk Staphylococcus aureus dan Staphyloccocus pyogenes, serta mengurangi gejala demam, flu, dan ISPA.

- Menurunkan hipertensi, risiko stroke, dan serangan jantung Kiwi berpotensi mencegah penggumpalan pada pembuluh darah dan melindungi tubuh dari serangan jantung serta stroke. Penelitian mengungkap jika sifat anti penggumpalan darah kiwi mirip dengan cara kerja aspirin. Kiwi pun kaya akan potasium yang dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Penelitian dari Oslo University Hospital bahkan mengungkap jika konsumsi kiwi tiga kali sehari dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi sedang lebih banyak dibandingkan apel.

Masih banyak lagi yang lainnya kandungan gizi yang terdapat pada buah kiwi yang baik untuk kesehatan.

Demikian artikel yang disuguhkan yang bersumber dari https://www.webkesehatan.com semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita ya Ma dan bisa sering mengkonsumsi buah kiwi nih ya Ma :).