Kandungan dan Manfaat dari Tahu

Tahu seperti kita ketahui adalah produk olahan dari kedelai ya Ma, makanan yang satu ini selain lembut dan enak bisa dimasak dengan berbagai macam bisa untuk pelengkap untuk kuah sayur atau dengan di goreng untuk di bikin crunchy hmm pasti enak dengan cocolan cheesy mayo mamasuka nih,hehe. Dan ternyata banyak juga lho Ma kandungan dan manfaatnya. Ingin tau lebih jelasnya Yuk simak selengkapnya di www.mamasuka.com

Tahu seperti kita ketahui adalah produk olahan dari kedelai, dan banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol. Tahu merupakan sumber protein yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung .Tahu, apakah Anda tahu jika makanan ini adalah bahan yang umum untuk masakan seperti Cina sejak berabad-abad lalu? Tahu sangat populer di Indonesia, bahkan dinegara-negara Asia lainnya, termasuk jepang, walaupun dengan sebutan yang lain yaitu tofu. Tahu sangat mudah didapat dipasar, dan banyak dipersiapkan dirumah bahkan di seluruh dunia. Tahu adalah produk pangan yang dihasilkan dari kedelai yang dihaluskan hingga menjadi jus dan diperas dari kacang kedelai. Ekstrak kedelai kemudian dipadatkan atau dicetak sesuai ukuran. Nilai gizi Tahu adalah makanan rendah kalori namun tinggi protein. Tahu adalah sumber yang baik dari berbagai mineral, seperti kalsium, besi,magnesium, fosfor, seng, kalium. Vitamin pada tahu seperti vitaminD, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Berikut Manfaat tahu bagi kesehatan

- Kandungan protein tahu yang tinggi

Tubuh manusia membutuhkan protein agar dapat berfungsi dengan baik. Protein tak hanya bisa didapat dari daging, banyak protein nabati yang bisa kita dapat seperti pada tahu. Vegetarian bisa mendapatkan protein dalam jumlah yang tepat tahu, atau produk kedelai dan sayuran lainnya. Juga mengandung asam amino yang dibutuhkan agar kesehatan menjadi optimal. Mengkonsumsi daging merah dapat memiliki implikasi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun dengan mengkonsumsi tahu, kondisi tersebut dapat dihindari.

- Sumber protein untuk penderita asam urat

Penelitian yang dilakukan untuk mempelajari pengaruh tahu menunjukkan bahwa, tahu adalah sumber protein yang baik, terutama untuk penderita rematik gout atau memiliki kadar asam urat yang tinggi.Namun, orang-orang dengan rematik gout tidak boleh mengkonsumsi tahu secara berlebihan, maupun hasil dari olahan kedelai lainnya.

- Rendah kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit yang terkait jantung. Banyak orang mencoba untuk menghindari jenis makanan berlemak, seperti minyak goreng dan atau lemak banyak digunakan pada hidangan keluarga. Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, karena tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki tingkat yang rendah asam lemak jenuh daripada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang yang baik, yaitu yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis kolesterol yang tersimpan dalam tubuh.

- Mencegah anemia

Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resikoanemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan, bahwa tahu terbukti menurunkan risikoanemia pada golongan orang dewasa.

- Tahu memiliki Sifat antikanker

Tahu mengandung isoflavon yang bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena kanker. Penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukkan, bahwa konsumsi produk seperti tahu yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Studi lain menunjukkan bahwa perempuan pasca-menopause yang menderita kanker paru-paru, dapat hidup lebih lama dengan memasukkan tahu kedalam diet mereka.

Tahu biasanya sangat mudah untuk di olah baik itu di buat tambahan kuah untuk sayur atau dengan di goreng dibuatkan crunchy apalagi pasti cocok disuguhkan dengan ''cheesy mayo''.

Demikian artikel di kutip dari https://www.tipscaramanfaat.com/ semoga bermanfaat dan makin tambah ilmu ya Ma.