Jenis - Jenis Coklat

Jenis Jenis Coklat

Sore ma, menikmati Coklat memang menyenangkan dan hampir setiap orang menyukainya, tapi tahukan mama jika coklat terdiri dari beberapa jenis? Yuk simak artikel lebih lengkapnya di www.mamasuka.com

Coklat identik dengan makanan manis. Ketika mendengarnya, saya langsung terbayang aneka dessert yang nyoklat seperti pisang coklat, chocolate lava cake, hingga brownies panggang. Nah pencuci mulut berbahan dasar coklat tersebut tentunya dibuat dengan coklat masak, ya. Coklat masak adalah coklat yang didesain khusus untuk dicampurkan dalam bahan masakan, dan umumnya tidak terlalu manis. Namun sebelum belanja, ada baiknya mengenal jenis-jenis coklat untuk masak atau tabuaran kue ini, yuk!

1. Coklat Couverture

Coklat dibuat dan biji kakao yang diproses jika pasta coklat (cocoa mass). Selanjutnya, pasta coklat tersebut diproses lagi menjadi dua bagian, yakni mentega coklat (cocoa butter) dan coklat bubuk. Menurut para bakers, couverture adalah jenis coklat berkualitas tinggi. Coklat ini dibuat dengan mentega coklat dan pasta coklat sehingga rasa yang paling nyoklat dari jenis lainnya.

Ada banyak jenis coklat couverture, yakni bittersweet, white, dan milk. Sayangnya, harga coklat ini terhitung cukup mahal dan jarang dipasarkan di Indonesia. Karena dibuat dari mentega coklat, couverture tah tahan disimpan dalam suhu ruang. Coklat ini memang mudah leleh dan tekstur lelehanya lebih cair dari coklat masak lain. Tak heran jika couverture sering dipakai untul air mancur coklat yang biasa ditemui di acara atau kafe. Anda bisa menyelupkan biskuit, buah potong, atau marsmellow ke dalamnya, lho.

2. Coklat Coumpound

Kalau couverture terbuat dari mentega coklat dan pasta coklat, compound terbuat dari bubuk coklat dan lemak nabati. Yup, bisa dibilang kandungan coklat compound tidak sekaya couverture. Namun, harga coklat compound lebih terjangkau, lebih mudah mengolahnya, serta bisa disimpan dalam suhu ruang. Oleh karena itu, coklat compound paling mudah di temukan di supermarket maupun toko kue Indonesia.

3. Coklat Pasta/Pasta coklat

Sebelumnya, kita tahu kalau pasta coklat adalah produk sampingan dari biji kakao yang pahit sekali. Namun untuk pasta coklat masak biasanya sudah berupa ekstrak dari pasta coklat (cocoa mass).Dalam kata lain, pasta coklat masak adalah coklat pasta yang sudah melalui proses pabrik, alias tidak asli dari biji kakao. Tekstur coklat pasta masak cenderung cair(agak kental). Biasanya, jenis coklat ini digunakan untuk pemberi aroma dan rasa pada kue, puding, dan dessert lainnya

4. Chocolate chips

Coklat masak yang satu ini pastinya sering dipakai untuk cookies, muffin, dan kue lainnya,ya. Sebetulnya, choco chips adalah coklat masak atau DCC yang dicetak jadi bulat-bulat kecil. Coklat ini bisa ditemukan di toko kue atau supermarket dengan dua jenis pilihan, yakni choco chips untuk masak dan choco chips untuk topping. Choco chips khusus masak tentunya dibuat untuk campuran bahan kue, sehingga teksturnya mudah leleh. Sedangkan choco chips topping bertekstur lebih padat dan tahan panas. Jadi, tak masalah kalaupun harus dipanggang dalam suhu tinggi bersama muffin atau cookies.

5. Coklat Bubuk

Coklat bubukterbuat dari biji kakao yang dikeringkan lalu diproses hingga menjadi bubuk. Coklatbubuk sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kue atau diseduh sebagaiminuman.

Demikian penjelasan yang dapat disajikan dimana tulisan ini dikutip dari https://resepkoki.id Jadi Mama ingin beli coklat mana nih? hehe.