Masih ingat fotosintesis, Ma? Proses tersebut sungguh mengagumkan ya, bagaimana fungsinya untuk kehidupan sehari-hari kita. Untuk artikel selengkapnya

Setiap mahluk hidup yang ada di dunia ini membutuhkan energy untuk dapat melakukan aktivitas sehari – hari, contohnya disini adalah manusia yang setiap harinya makan setidaknya 3x dalam sehari untuk dapat melakukan aktivitasnya ataupun untuk bertahan hidup. Jika cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan makan dan minum, maka tumbuhan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara fotosintesis.

Fotosintesis merupakan salah satu istilah dalam biologi. Apa itu fotosintesis? Fotosintesis merupakan gabungan dari kata photo yang artinya cahaya dan Synthesis artinya proses pengolahan dengan menggunakan bahan tertentu. Jadi, pengertian fotosintesis adalah proses pembuatan energi yang diperlukan tumbuhan yang dibantu oleh cahaya matahari serta bahan- bahan pendukung seperti CO2, air dan unsur hara yang berguna untuk kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Perlu diketahui bahwa fotosintesis ini hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki klorofil, tanpa adanya klorofil suatu tumbuhan tidak akan dapat membuat makanannya sendiri.

Fungsi Fotosintesis

Adapun fungsi tujuan dari tumbuhan yang melakukan fotosintesis diantaranya adalah :

  1. Memproduksi Glukosa

Fungsi dari fotosintesis yang pertama adalah untuk membuat zat makanan dalam bentuk glukosa, dimana glukosa ini nantinya akan di jadikan sebagai bahan bakardasaruntuk diolah lagi menjadi zat makanan yang lain seperti protein dan juga lemak yang ada di dalam tumbuhan. Zat–zat olahan tersebut nantinya juga akan memberikan manfaat bagi manusia atau pun hewan untuk dikonsumsi.

  1. Menghasilkan O2 dan mengurangi CO2

Proses fotosintesis yang membutuhkan karbon dioksida ini ternyata dapat membantu mengurangi kadar karbon dioksida yang ada dilingkungan di sekitar kita. Dan seperti yang telah kita ketahui bahwa hasil dari proses fotosintesis salah satunya adalah oksigen. Oksigen merupakan kebutuhan utama manusia, tanpa adanya oksigen atau udara yang bersih, maka manusia tidak akan bertahan hidup.

  1. Menghasilkan Batubara

Fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan selama dia masih hidup ini ternyata dapat membuat sisa –sisa tumbuhan yang tertimbun di tanah selama bertahun - tahun ini menjadi batubara. Hal ini merupakan sangat penting dalam kehidupan saat ini, mengingat batubara memiliki fungsi dan manfaat yang beragam. Maka dari itu sebaiknya kita berusaha untuk melestarikan tumbuhan yang ada dilingkungan sekitar kita.

Demikian penjelasan yang dapat disajikan dimana tulisan ini dikutip dari https://dosenbiologi.com . semoga kita bisa lebih paham ya Ma. manfaat dari fotosintesis di hari sejuta pohon.