Saat kita kecil, kita diajarkan oleh orang tua untuk menyayani hewan dengan cara membelai halus atau bahkan diijinkan untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan. Dengan diwanti – wanti bahwa jika kita memelihara hewan tersebut, kita mengurusnya dengan sepenuh hati. Bahkan tanpa disadari sebagian dari kita menjadikan kegiatan memelihara hewan sebagai langkah awal untuk belajar bertanggung jawab.

Hal yang sama juga pasti kita ajarkan pada buah hati. Dan memang benar Ma, mengajarkan buah hati untuk menyayani hewan selain melatih rasa tanggung jawab sejak dini, juga ada beberapa hal positif lain, diantaranya membuat anak lebih aktif ketimbang asik dengan mainan elektroniknya melalui interaksi dengan hewan, dan manfaat yang paling utama adalah melatih empati. Karena merawat hewan peliharaan dengan sepenuh hati, pasti mereka tidak ingin hewan peliharaan mereka menjadi sakit kemudian mati. Dengan cara itu juga kita bisa merangsang anak untuk mengembangkan keterampilan emosi dan sosialnya.

Itu dari segi perkembangan anak. Sedangkan dari sisi yang lain, ternyata hewan juga punya hak azasi juga loh Ma! Hak Asasi Hewan diperingati tanggal 15 Oktober setiap tahunnya. Alasan peringatan Hak Asasi Binatang adalah agar masyarakat di seluruh dunia paham bahwa binatang juga mahluk hidup yang juga berhak atas kebebasan dari rasa haus dan lapar, rasa tidak nyaman untuk hidup dan mengekspresikan tingkah laku alaminya, bebas dari rasa stres dan traumakarena disakiti atau dilukai.

Peringatan Hari Hak Asasi Hewan dideklarasikan oleh OIE (The World Organization for Animal Heath) melalui Deklarsi Universal Kesejahteraan hewan dengan dukungan dari 46 Negara dan 330 kelompok pendukung hewan. Sedangkan di Indonesia sendiri, perlindungan terhadap hewan diatur dalam KUHP pasa 302.

Dari informasi diatas, ayo Ma, kita dukung buah hati kitauntuk menyayangi binatang. Jika Mama tidak mengijinkan mereka untuk memeliharakarena alasan kebersihan atau lahan rumah yang tidak memungkinkan untukmemelihara, paling tidak kita dapat memberikan pemahaman yang dapat dimengertioleh anak - anak kita.