Cara Memilih Daging Untuk Diolah

Daging sapi atau daging kambing merupakan salah satu variasi sumber protein untuk olahan bahan makanan sebagai sajian menu santapan, selain olahan daging ayam yang umum dan mudah didapat karena harganya yang relatif terjangkau. Tapi walaupun demikian, olahan daging sapi bukan berarti kurang penggemar. Justru karena harganya yang lebih mahal dari daging ayam, menu olahan daging hanya ada pada acara tertentu. Simak cara memilih daging dibawah ini :

  • Daging yang segar warnanya merah cerah atau warna merah muda. Warna merah muda adalah ciri dari warna daging muda dengan lemak berwarna kekuningan atau terlihat mengkilat. Sebaliknya,jangan membeli daging berwarna merah tua, dan warna lemak kecoklatan atau kering.
  • Bertekstur kenyal dan padat jika ditekan. Pastikan saat menekan tekstur daging dapat kembai seperti semula, tidak lembek atau keras, memiliki serat – serat yang halus.
  • Pilihlah daging dengan kandungan air yang relatif sangat sedikit. Karena air yang keluar dalam jumlah sedikit tersebut adalah sari atau juice dari daging segar.
  • Dagingyang tidak segar akan menimbulkan bau asam, amis, atau aroma aneh seperti bau busuk lainya.
  • Hindari membeli daging yang terbungkus dengan sterofoam dan plastik warp. Karena kita tidak bisa merasakan kekenyalan, aroma dan tekstur daging. Jika Mama ingin membeli daging yang sudah dibekukan, pilihlah daging yang sudah tidak terdapat bunga es. Karenapada umumnya daging beku sudah melewati proses pembekuan berkali – kali.
  • Pastikanmembeli daging di tempat yang sudah dipercaya.
  • Potonglah daging dengan cara berlawanan dengan arah serat pada daging. Tujuannya agar proses daging menjadi empuk bisa lebih cepat.

Semoga cara tersebut membantu Mama untuk dapat memilih daging sapi atau kambing yangakan dibeli, sehingga olahan daging masakan Mama dapat menjadi salah satu menu favorit keluarga