7 Makanan Untuk kesehatan Jantung

7 makanan untuk kesehatan jantung

Ada7 makanan yang bermanfaat untukkesehatan jantung loh ma? Beberapa yaitu minyakzaitun, ikansalmon, ikan tuna, buah anggur merahdan bijioatmeal. Mau tau makanan lainnya ma? Simak terusartikel lengkapnya di www.mamasuka.com ya ma.

Jantung (bahasalatin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai oksigen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghasilkan sisa-sisa metabolisme. Makanan adalah suplay yang baik untuk jantung. Bila kita tidak hati-hati dalam mengkonsumsi makanan pasti akan berdampak buruk bagi jantung kita karena resikonya sangat fatal dan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu menjaga jantung merupakan hal yang wajib kita jaga sejak dini salah satunya bisa dengan mengkonsumsi makanan berikut.

Anggur merah dan resveratrol

Bila Anda minum alkohol, sedikit anggur merah mungkin menjadi pilihan yang sehat untuk jantung. Resveratrol dan catechin, dua antioksidan dalam anggur merah, dapat melindungi dinding arteri. Sedikit alkohol juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Tips: Terlalu banyak alkohol justru untuk jantung Anda. Untuk wanita, jangan konsumsi lebih dari satu gelas sehari,dan maksimal dua gelas untuk pria. Sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Alkohol dapat menyebabkan masalah bagi orang-orang yang mengonsumsi aspirin dan obat lain.

Salmon: Makanan super

Salmon dianggap makanan terbaik untuk kesehatan jantung karena kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan menurunkan tekanan darah. Omega-3 mungkin juga bisa menurunkan trigliserida dan mencegah peradangan. Asosiasi jantung AS merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu.

Tips: panggang salmon dalam almunium foil beserta rempah dan sayuran. Punya salmon sisa? Buat jadi fishtaco atau salad.

Tuna untuk Omega-3

Lebih murah daripada salmon, tunajuga memiliki omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki omega-3 lebih banyak dari tuna lainnya. Coba panggang steak tuna dengan dill dan lemon. Dapatkan juga omega-3 dari sumber-sumber lain berikut ini: mackerel, ikan herring, trout,sarden, dan anchovies.

Tips: Pilih tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak, untuk menjaganya tetap sehat.

Minyak zaitun

Minyak ini merupakan lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Minyak zaitun kaya antioksidan yang sehat bagi jantung. Ia juga dapat melindungi pembuluh darah Anda. Saat minyak zaitun dipakai untuk menggantikan lemak jenuh, seperti mentega, ia juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Coba gunakan untuk salad dan memasak sayuran, atau dengan roti.

Tips: Untuk rasa paling pas, cari yang cold-pressed dan gunakanlah dalam waktu 6 bulan.

Edamame

Anda mungkin sudah pernah melihat kacang ini sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang. Edamame adalah kata dalam bahasa Jepang untuk kedelai. Proteinnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat yang menyehatkan jantung setara dengan empat potong roti gandum.

Tips: Ambil edamame beku, rebus,lalu sajikan hangat dalam kulitnya.

Oatmeal

Semangkuk oatmeal hangat mengisi perut Anda selama berjam-jam, mencegah Anda untuk mengemil, dan membantu menjaga kadar gula darah stabil sepanjang waktu, sehingga berguna bagi penderita diabetes juga. Serat oatmeal dapat menyehatkan jantung Anda dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Tips: Ingin membuat pancake, muffin, atau kue lainnya? Ganti sepertiga dari tepung dengan oat.

Yoghurt rendah lemak

Produk susu identik dengan makanan yang baik untuk tulang. Namun, produk susu juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Yogurt, misalnya, kaya akan kalsium dan kalium. Untuk benar-benar meningkatkan manfaat kalsiumnya dan mengurangi asupan lemak, pilih yoghurt rendah lemak.

Demikian penjelasan yang dapat disajikan dimana tulisan ini dikutip dari https://hellosehat.com dan https://id.wikipedia.org/wiki/Jantung Semoga ulasan dalam artikel ini menjadi referensi yang bermanfaat ya Ma.