Cemilan untuk Anak

Memberikan makanan ringan untuk anak kita juga harus teliti lho Ma, jangan sampai nanti si buah hati jatuh sakit karena sang anak salah memilih cemilan, semoga tidak ya Ma. Yuk simak cara Memberikan Cemilan Untuk Anak di www.mamasuka.com

Cemilan sehat untuk anak memang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai si kecil sembarangan mengkonsumsi jajanan atau ceilan yang tidak sehat. Jika keseringan mengkonsumsi jajanan atau cemilan yang tidak sehat maka sangat beresiko terhadap gangguan kesehatan sehingga menghambat tumbuh kembangnya. Cemilan sehat bisa bunda selipkan diantara jadwal makan pagi, siang atau malam.

Dengan memberikan cemilan yang sehat maka akan membantu melengkapi kebutuhan kalori harian yang diperlukan oleh si kecil. Supaya si kecil tertarik untuk mengkonsumsi cemilan yang Anda sajikan maka diperlukan kreatifitas yang tinggi dalam mengolah makanan. Biasanya anak -anak menyukai bentuk makanan yang unik dan terlihat mencolok, sayuran atau jenis makanan lainnya menjadi hasil olahan yang akan membuat si kecil tertarik untuk menyantapnya.

Berikut Beberapa Tips dan Trik Untuk Menyajikan Cemilan Untuk Anak

Kualitas

Usahakan untuk memperhatikan kualitas dan cemilan yang Anda sajikan. Cemilan yang berkualitas tergolong cemilan yang sehat. Pastikan cemilan yang Anda sajikan mengandung serat, vitamin, protein, mineral dan nutrisi penting lainya. Usahalan supaya cemilan si kecil terbatas dari kandungan pengawet, penyedap, tinggi lemak ataupun tinggi kalori. Cemilan dengan kandungan tersebut rentan menyebabkan anak mengalami penyakit diabetes dan lainnya.

Kuantitas

Cemilan sebaiknya diberikan hanya sekitar 10% dari kebutuhan kalori anak yaitu 100 hingga 200 kalori. Jika memberikan cemilan untuk si keccil sebaiknya jangan sampai mengenyangkan, cukup diberikan dalam porsi kecil saja. Jika terlalu kenyang maka berisiko si kecil tidak mau mengkonsumsi makanan utama.

Bentuk

Usahakan untuk memberikan cemilan yang aman untuk anak. Sesuaikan dengan usia si kecil supaya lebih mudah untuk dicerna oleh anak. Jangan memberikan yang bertekstur terlalu keras atau bulat jika si anak masih sangat kecil karena beresiko.

Jadwal

Jadwal memberikan cemilan sehat untuk anak sebaiknya jangan bergantik – ganti. Usahakan memberikan cemilan bagi si kecil antara makan pagi dan makan siang yaitu sekitar pukul 10.00, antara makan siang dan malam yaitu pada sore hari sekitarpukul 16.00.

Jika sikecil merengek meminta permen, kue atau cokelat dan sejenisnya, jangan dengan mudah memberikan cemilan tersebut. Usahakan untuk memberikan contoh yang baik dengan senantiasa selalu memberikan cemilan yang sehat untuk anak. Hal ini guna menunjang kesehatan dan mendukung tumbuh kembang anak.

Anak– anak biasanya identic menyukai cemilan yang manis dan memiliki warna yang terlihat mencolok. Anda bisa kreasikan agar – agar dengan sedikit gula, salad buah dan cemilan sehat lainnya. Jangan sampai membiasakan untuk memberikan cemilan sesuai kehendak anak karena hal ini beresiko terhadap kesehatanya.

Menyajikan cemilan sehat untuk anak bukanlah perkara yang sulit. Setiap orang tua juga pasti bisa melakukannya. Kreativias adalah salah satu kunci sukses untuk melakukan hal tersebut. Dengan bahan sederaha namun diolah kreatif maka sikecil akan lebih tertarik. Yang terpenting kandungan gizinya bisa melengkapi gizi harian anak dalam tahap tumbuh berkembang.

Masih bingung untuk menyajikan cemilan sehat untuk anak? Mulailah berkreasi untuk memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi maka proses tumbuh kembang anak tidak akan mengalami gangguan. Jangan menyepelekan karena sangat beresiko.

Demikian penjelasan yang dapat disajikan dimana tulisan ini dikutip dari http://www.solusisehatku.com. Semoga ulasan dalam artikel ini menjadi referensi yang bermanfaat ya Ma.