Melatih Kebersihan Sejak Dini

Sebagai sekolah dan guru pertama yang didapat anak di rumah,mengenalkan kebersihan sejak dini sangat diperlukan agar anak mempunyaikebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan baik untuk dirinya sendiri maupunlingkungan sekitarnya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mencuci Tangan : Tangan merupakan salah satu tempat kuman dapat berpindah tempat, jelaskan pada mereka 7 langkah mencuci tangan yang benar, agar mereka memahami setiap gerakan yang dilakukan mulai dari memberi sabun, menggosok telapak tangan hingga ruas – ruas jari termasuk cara membilasnya.
  • Membuang Kertas Tissue Bekas Pakai Pada Tempatnya : Mengguanakan kertas tissue jika anak terserang flu memang sangat praktis untuk membersihkan hidung mereka setelah bersin. Tapi yuk kita mengajarkan kepada mereka untuk membuang kertas tissue tersebut di tempat sampah. Karena virus flu dapat tertular juga melalui udara yang berasal dari tissue bekas pakai tersebut jika tidak segera dibuang ketempat sampah.
  • Menyiram Toilet : Sangat baik jika kita sudah dapat mengajarkan pada anak untuk menyiram toilet setelah digunakan. Karena dengan mengajarkan kebiasaan tersebut, anak akan terbiasa perduli untuk menyiram toilet yang sudah digunakannya.
  • Membersihkan Barang Pribadinya Sendiri : Membiasakan anak untuk membersihkan barang pribadi mereka sendiri berarti juga mengajak mereka untuk menjaga dan barang –barang pribadi mereka yang dianggap penting sehingga saat mereka dewasa dan harus tinggal jauh dari orang tua, mereka sudah terbiasa untuk menjaga kebersihan dimanapun mereka tinggal.
  • Punya Jadwal Kontrol Rutin : Saat anak masih ada dalam masa tumbuh kembang,mereka membutuhkan gizi yang seimbang namun penting untuk punya jadwal kontrol kesehatan rutin juga bagi mereka. Seperti pemeriksaan gigi selama 6 bulan sekali untuk mengontrol timbulnya karang gigi serta masalah gigi yang timbul seperti pergantian gigi susu ke gigi tetap. Dengan bertemu dokter dan berkonsultasi dengan dokter yang melibatkan anak, berpengaruh juga bagi anak untuk tidak takut ke dokter dan paham apa saja yang dilakukan untuk menjaga kesehatan diri mereka.