Perayaan 17 Agustus di Negeri Orang

Perayaan HUT Kemerdekan RI tinggal menghitung hari ya ma,pernak pernik bendera, warna – warni umbul – umbul di setiap gang rumah membuat semaraknya pesta kemerdekaan Indonesia yang tahun ini genap berusia 72 tahun.

Tapi mungkin untuk sebagian mama yang pernah tinggal di negara orang, perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia punya kesan khusus. Dimana pada tanggal tersebut nuansanya tidak semeriah di tanah air, Pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, adalah saat dimana warga negara Indonesia berkumpul sekedar untuk merasakan nuansa Indonesia melalui upacara bendera dan melepas kerinduan akan tanah air dalam acara - acara yang di tampilkan termasuk ajang silahturahmi antar warga negara karena meskipun masih berada dalam satu daerah, pasti tidak sama dengan tinggal dalam satu komplek, atau kampung seperti di Indonesia.

Ada seorang mama yang bercerita bahwa anaknya harus menetap dalam waktu yang agak lama di negara Paman Sam karena harus menjalankan tugas. Sang anak bercerita bahwa suasana 17-an disana tidak se-meriah di tanah air dimana setiap sudut perumahan, kampung, atau desa pasti ada kegiatan dalam rangka memeriahlan HUT Kemerdekan RI.

Bisa terlibat dalam kegiatan upacara bendera pun menimbulkanrasa bangga tersendiri, karena membawa bendera Indonesia berkibar di udara negara orang seperti suasana magis yang sulit diungkapkan dengan kata – kata.

Tinggal jauh dari tanah air bukan berati kehilanganrasa kebangsaan, tapi justru membuat lebih dekat dengan sesama warga negara Indonesia sebagai sama saudara sebangsa dan setanah air.