Pengaruh Psikologi Pendidikan Terhadap Perkembangan Anak

Psikologi pendidikan merupakan sebuah cabang ilmu sosial yang mempelajari khusus mengenai perilaku individu dalam dunia atau situasi pendidikan. Ternyata ini juga berpengaruh pada perkembangan anak lho Foodlovers apa saja sih? Yuk simak selengkapnya di www.mamasuka.com

Psikologi pendidikan merupakan sebuah cabang ilmu social yangmempelajari khusus mengenai prilaku individu dalam dunia atau situasipendidikan. Adapun objek dari psikologi pendidikan ini adalah prilaku-prilakuindividu yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan pendidikan seperti peserta didik, pendidik, administrator, orang tua peserta didik dan masyarakat pendidikan itu sendiri.

Berikut ini merupakan pengaruh psikologis pendidikan terhadap perkembangan anak, yaitu antaralain sebagai berikut :

1. Mengalami Perubahan Yang Disadari dan Disengaja

Perubahan prilaku ini merupakan perubahan yang terjadi atas kesadaran dan faktor kesengajaan yang dilakukan oleh individu yang bersangkutan. Karena memang dilakukan dengan sadar dan disengaja, maka individu tersebut juga tentunya mengetahui dan menyadari perubahan yang terjadi di dalam dirinya atas perubahan yang sudah iya lakukan atas hidupnya.

2. Mengalami Perubahan Yang Berkesinambungan

Bertambahnya pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan yang dimiliki oleh setiap individu tentunya merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya. Begitu juga dengan pengetahuan, sikap dan pengetahuan yang diperoleh tersebut akan mejadi darat bagi pengembangan pengetahuan yang akan didapatkan oleh individu tersebut dimasa mendatang yang bersifat berkesinambungan.

3. Mengalami Perubahan Yang Fungsional

Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kebaikan dan kepentingan individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa yang akan datang, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya dan masa depannya dimasa mendatang.

4. Mengalami Perubahan Yang Bersifat Aktif

Untuk mendapatkan perilaku yang baru dan tentunya lebih baik dari yang sebelumnya, tentunya individu yang bersangkutan tersebut untuk melakukan dan mengupayakan perubahan dalam dirinya. Contohnya apabila ingin memiliki keterampilan dalam suatu bidang, maka individu tersebut harus mengupayakan atau melakukan usaha dalam bidang yang dikehendaki tersebut.

5. Mengalami Perubahan Perilaku Secara Keseluruhan

Apabila anda ingin belajar pastinya anda menginginkan hal yang hendak dicapai. Anda melakukan pembelajaran pastinya ada hasil yang anda harapkan yang dapat membekali pendidikan anak anda nantinya. Pendidikan pada anak ini pun berfungsi untuk jangka pendek, menengah dan juga dalam jangka panjangnya nantinya. Karena memang pendidikan itu berlaku seumur hidup..

6. Mengalami Perubahan Kecakapan Intelektual

Salah satu hal penting dari psikologis pendidikan ini adalah dapat mengarahkan setiap individu untuk mendapatkan kecakapan intelektual. Maksudnya adalah apabila anak anda aktif dalam psilokogis pendidikan ini, maka tidak menutup kemungkinan anak anda akan memiliki keterampilan dalam melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya dengan menggunakan simbol – simbol.

Misalnya saja dengan menggunakan simbol matematika. Seorang yang memiliki intelektual yang tinggi cenderung lebih menyukai gambar atau simbol dibandingkan dengan tulisan, karena bagi mereka itu lebih menarik.

7. Mengalami Perubahan Pada Kecakapan Motoriknya

Kecakapan motorik merupakan hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol oleh otot dan fisik. Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, bahwasanya psikologis pendidikan ini tidak hanya berbicara pada pendidikan yang bertambah pada anak anda, tetapi juga perubahan yang terjadi pada jenis yang lainnya.

Seperti keterampilan, kebiasaan yang baik, intelektual, dan juga salah satu didalamnya adalah perubahan pada kecakapan motorik yang lebih kuat dari ada sebelumnya, karena memang secara terus menerus dilatih.

8. Mengalami Perubahan Disegala Aspek Kehidupan Individu Yang Bersangkutan

Secara umum, apabila seorang anak mengikuti psikologis pendidikan, bukan hanya pendidikan dan pengetahuan akan pelajaran yang akan bertambah. Tetapi pada umumnya semua aspek dalam dirinya akan berubah kearah yang lebih baik.

Demikian artikel dikutip dan bersumber dari https://dosenpsikologi.com/pengaruh-psikologi-pendidikan-terhadap-perkembangan-anak.